Waktu yang Tepat untuk Berkunjung ke Panti Asuhan

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung ke Panti Asuhan

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung ke Panti Asuhan. Panti asuhan adalah lembaga pelayanan sosial yang mementingkan kesejahteraan sosial terutama anak-anak dhuafa dan anak yatim yang membutuhkan perawatan. Karena itulah, panti asuhan menjadi tempat bagi orang-orang yang ingin mendonasikan sebagian harta untuk orang lain. Menjadi donatur tetap sebuah panti asuhan memang perbuatan yang sangat baik dan perlu untuk di contoh. Namun, sebagai tamu yang berkunjung perlu juga mengetahui jam kunjung yang tepat agar tidak mengganggu kegiatan di panti asuhan. 

Lalu kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke panti asuhan? Ada beberapa waktu yang dikira tepat untuk berkunjung dan perlu untuk diperhatikan agar tidak mengganggu ataupun dikhawatirkan tidak bisa menemui anak asuh yang berada di panti asuhan. Beberapa waktu yang tepat untuk berkunjung ke panti asuhan adalah:

Koordinasi Terlebih Dahulu Dengan Pihak Panti

Waktu paling aman untuk berkunjung adalah dengan melakukan perjanjian terlebih dahulu dengan pihak panti asuhan. Kapan ada waktu luang dan bisa menemui semua anak panti jika memang diperlukan. Dengan demikian, tidak akan timbul kesalahpahaman dari pihak panti maupun dari Anda.

Jam Istirahat

Jika tidak sempat membuat janji karena waktu yang mendesak, maka Anda perlu mengetahui jam istirahat panti asuhan sehingga bisa berkunjung di jam istirahat. Berkunjung di jam istirahat tidak akan mengganggu jam pelajaran dan pihak panti bisa menemui Anda dengan senang hati.

Akhir Pekan

Hampir semua panti asuhan memiliki waktu luang di akhir pekan. Berkunjung di akhir pekan bisa juga Anda lakukan tanpa harus membuat janji. Namun, tetap taati peraturan yang diberikan pihak panti asuhan agar tidak melanggar tata tertib jam kunjungan.

Baca juga : Jangan Merayakan ulang tahun di Panti Asuhan

Cara Bersedekah Di Panti Asuhan

Terdapat hal lain yang perlu Anda ketahui selain waktu berkunjung, yaitu cara bersedekah yang baik dan tidak menyakiti hati. Akhlak mulia harus tetap diutamakan agar sesama muslim tetap damai tanpa ada permusuhan. 

Melalui Aplikasi

Banyak donatur tetap yang sudah membuat berbagai aplikasi demi memudahkan donasi kepada panti asuhan yang diinginkan. Adanya aplikasi tidak akan membuat donasi yang masuk berkurang ataupun dikorupsi. Semua donasi akan masuk pada panti asuhan yang dituju. Anda juga tidak perlu pergi ke lokasi apalagi di era pandemi seperti sekarang

Melalui Amil Zakat

Zakat fitrah atau zakat mal kebanyakan memang melalui amil zakat yang ada di berbagai daerah. Anda bisa memanfaatkan keberadaan amil zakat untuk memberikan sedekah yang diperuntukkan kepada anak yatim di sebuah panti asuhan. 

Langsung Datang ke Lokasi

Nah, cara terakhir jika memang panti asuhan terdekat yang membutuhkan bantuan, Anda bisa memberikan donasi secara langsung ke lokasi. Dengan syarat sudah memperhatikan waktu kunjung yang sesuai. Datang lah secara hormat agar mendapatkan kesan yang baik dari pemilik panti ataupun anak-anak panti yang tinggal di panti asuhan tersebut. 

Itulah beberapa cara menyumbang ke panti asuhan dan waktu tepat berkunjung ke panti asuhan. Perlu Anda ingat bahwa ada beberapa panti asuhan yang memang harus mengikuti prosedur demi keamanan dan kemaslahatan semua anak panti. Ada beberapa tata cara yang penting untuk Anda lakukan saat berkunjung yaitu :

  1. Melepas alas kaki
  2. Jangan mengganggu anak panti dan meminta memberikan pertunjukan
  3. Jangan berkunjung dengan banyak orang tanpa izin terlebih dahulu pada pihak panti karena akan membuat anak-anak takut.

Sekian sekilas tips dari hari anak yatim. Semoga dapat menjadi perhatian kita bersama.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *