Solusi Tentang Anak Yatim Di Lingkungan Sekitar

Solusi Tentang Anak Yatim Di Lingkungan Sekitar

Membicarakan masalah solusi tentang anak yatim di lingkungan sekitar, tentu itu menjadi salah satu pembahasan yang harus didiskusikan oleh perangkat desa ataupun keluarga yang masih dekat dengan anak yatim tersebut. Dimana diskusi tentang solusi ini juga akan memberikan langkah-langkah tepat agar kehidupan dari si anak yatim lebih baik.

Lalu seperti apa solusi yang harus dilakukan oleh orang yang ada di sekitar anak yatim? Berikut ini adalah penjelasan yang patut untuk diikuti:

Simak juga : Apa itu Yayasan Mitra Yatim?

Bagaimana Cara Kamu Menyayangi Anak Yatim

  • Memberikan Jaminan Hidup yang Layak

Cara pertama ialah dengan memberikan hidup yang lain untuk mereka. Yaitu dengan memberikan seluruh kebutuhan dari hal pendidikan kesehatan dan juga beberapa kebutuhan primer. Bukan hanya satu atau dua anak yang harus rela putus sekolah dikarenakan tidak punya biaya dalam pendidikan.

Tentu dengan Anda bisa memberikan jaminan kehidupan yang layak, secara otomatis masa depan dari anak yatim pun masih bisa terselamatkan. Artinya tumbuh kembang dari anak yatim juga semakin baik.

  • Memberi Sentuhan Kasih Sayang

Anak yatim tidak bisa memperoleh kasih sayang dari ayahnya, dan sebagai seorang anak yang dapat kehilangan sosok ayah dalam hidupnya tentu kita sebagai orang yang ada di sekitarnya harus bisa memberikan sentuhan kasih sayang. Jangan pernah bersikap kasar kepada mereka.

  • Tidak Menghardik Atau Memakan Harta Anak Yatim

Sedangkan cara yang terakhir ialah kita semua tidak boleh menghardik anak yatim bahkan sampai memakan harta mereka. Sebab hal itu juga tidak dibenarkan di dalam agama Islam, nabi Muhammad pun juga melarang perbuatan tersebut. 

Orang-orang yang menghardik anak yatim masuk ke dalam golongan mendustakan agama. Bahkan untuk orang yang dzolim dengan memakan harta yang bukan hak mereka akan diberikan azab masuk neraka saat di akhirat nanti.

Syarat Masuk Panti Asuhan

Sepertinya untuk perihal persyaratan memasukkan anak yatim piatu ke dalam panti asuhan masing-masing lembaga. Namun terdapat beberapa syarat umum yang wajib dipenuhi, berikut ini adalah daftarnya:

  • Menyiapkan akta kelahiran anak
  • Surat keterangan dari RT RW ataupun lurah setempat.
  • Surat keterangan kesehatan dari dokter.
  • Surat keterangan pemindahan sekolah anak beserta rapotnya.
  • Lengkapi dengan pas foto sesuai dengan peraturan panti asuhan.
  • Jangan lupa untuk fotokopi KTP wali.
  • Kartu keluarga.
  • Siapkan akte kematian dari orang tua.
  • Atau bisa juga menyiapkan surat perceraian jika orangtua bercerai.

Biaya Masuk Panti Asuhan

  • Apakah ada biaya masuk panti asuhan?

Memang betul jika solusi tentang anak yatim di lingkungan sekitar yang paling tepat adalah dengan memasukkannya ke panti asuhan. Agar mereka bisa mendapatkan pendidikan agama serta pendidikan formal yang jauh lebih baik.

Lalu berapa sih biaya untuk bisa masuk ke panti asuhan? Kebanyakan Panti asuhan tidak akan memungut biaya. Sebab pastinya para anak yatim piatu ini merupakan anak dari keluarga yang tidak berkecukupan. Itulah mengapa mereka memutuskan untuk memasukkan ke panti asuhan agar punya hidup yang jauh lebih baik.

Apakah Balasan Yang Diberikan Oleh Allah Kepada Orang Yang Menyayangi Anak Yatim

  • Pahala yang didapatkan bisa berlipat ganda

Setiap orang yang mampu memberikan perhatian kemudian selalu berbuat baik kepada anak-anak yatim. Meskipun hanya sebesar zarrah, maka mereka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. 

Hal ini pun juga telah dijelaskan pada Quran surat an-nisa’ ayat 40, dimana Allah menjanjikan kepada siapapun yang berbuat baik kepada para anak yatim piatu. Maka mereka bisa mendapatkan pahala yang besar.

  • Selalu dimuliakan dan rezeki dilapangkan

Hal ini pun juga sudah dijelaskan pada firman Allah yaitu pada surat Al fajr ayat 15 sampai 17. Dimana Allah akan selalu memuliakan orang yang mampu menyayangi anak yatim dengan tulus dan ikhlas. 

Bahkan Allah pun juga tidak akan pernah membuat orang yang bisa menyayangi anak yatim merasa kesusahan di dunia. Contohnya saja rezeki yang selalu dimudahkan dari arah yang tidak disangka-sangka.

  • Masuk Dalam Golongan Beriman Dan Bertaqwa

Orang yang bisa selalu menyantuni anak yatim maka masuk ke dalam golongan orang beriman dan bertakwa. Sehingga Allah pun akan memasukkannya ke surga, dan ini merupakan janji Allah yang sudah tertera pada surat Al Baqarah ayat 117.

  • Meminum air dari surga

Semua orang Islam yang mampu berbuat baik kepada anak yatim selalu diberikan kenikmatan oleh Allah. Bukan hanya di dunia tapi di surga kelak mereka bisa meminum air yang berasal dari mata air surga.

Surat al-insan ayat 5,6,8 menjelaskan:

“Sebetulnya orang-orang yang mampu berbuat kebajikan maka bisa meminum air campuran dari air kapur yaitu mata air surga. Janji ini hanya diberikan kepada mereka yang memberikan makanan yang disukai kepada anak yatim ataupun orang miskin. “

Pastinya Anda sudah paham bukan mengenai solusi tentang anak yatim di lingkungan sekitar. Meskipun mereka sudah masuk ke dalam Panti asuhan bukan berarti Anda lepas tangan dan tidak memberikan mereka bantuan. Bantuan harus tetap diberikan agar para anak yatim tersebut memiliki kehidupan yang jauh lebih baik.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *