Sebaiknya Adopsi Anak Usia 3 Tahun

Sebaiknya Adopsi Anak Usia 3 Tahun, Mengapa?

Sebaiknya Adopsi anak usia 3 tahun – Anak adalah salah satu anugerah yang akan kita nanti-nantikan setelah menikah. Bahkan, tak heran jika banyak sekali pasangan yang ingin memiliki anak hingga rela menunggu bertahun-tahun. Apalagi ada juga beberapa pasangan yang tidak beruntung mendapatkan seorang anak. Sebagai solusinya untuk memiliki seorang anak yaitu dengan adopsi. Nah, jika anda berkeinginan untuk mengadopsi, adopsi anak usia 3 tahun atau lebih baik lagi jika masih bayi. 

Jika memutus akan mengadopsi anak di atas usia 3 tahun, sebagai orangtua angkat kita harus mengetahui apa saja yang telah anak tersebut alami. Hal ini bertujuan agar tidak ada rasa berekspektasi terlalu besar terhadap anak-anak tersebut. Nah, untuk mengetahui terkait biaya adopsi, cara mengadopsi dan tempat adopsi anak, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Biaya Adopsi Anak

Perlu kita ketahui sebenarnya untuk mengadopsi anak melalui jalur resmi tidak butuh Biaya apapun. Meskipun begitu, jaminan legal anak tersebut sudah terjamin. Namun, jika mengadopsi anak secara kekeluargaan dan anak tersebut masih bayi, biasanya karena biaya untuk persalinan. 

Biaya Adopsi Anak 2021

Seperti yang telah kita jelaskan sebelumnya jika sampai tahun 2021 biaya adopsi anak yang melalui jalur resmi tidak ada. Dengan kata lain jika anda berkeinginan untuk mengadopsi anak tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Namun, adopsi anak melalui proses yang cukup lama hingga 2 tahun. 

Cara Adopsi Anak

Sangat kami sarankan jika sebaiknya adopsi anak usia 3 tahun atau bisa kurang. Namun, sebelum memutuskan untuk mengadopsi anak penting sekali untuk mengetahui apa saja persyaratan yang harus anda penuhi. Nah, sebagaimana berikut ini persyaratannya.

  1. Persyaratan pertama harus mengajukan surat permohonan kepada pengadilan yang terdapat di wilayah anak angkat tersebut. 
  2. Surat permohonan ini akan dinas Sosial cek untuk mengetahui kondisi ekonomi dari orang tua angkat, tempat tinggal dan anak yang anda miliki serta hal-hal lainnya.
  3. Antara orang tua angkat serta anak yang akan kita adopsi akan diberi waktu untuk berinteraksi dan saling mengenal satu sama lainnya. Yang mana di sini pengadilan akan memberikan waktu kurang lebih 6 hingga 12 tahun untuk membawa anak tersebut tinggal bersama orang tua angkat dan tetap mendapatkan pantauan dari dinas sosial.
  4. Persyaratan selanjutnya orang tua angkat harus mengikuti persidangan setidaknya dengan adanya dua saksi yang hadir.
  5. Yang terakhir Anda tinggal menunggu apakah surat persetujuan tersebut antara diterima atau ditolak.

Adopsi Anak Online

Jika dulu untuk mengadopsi anak kita harus datang langsung ke panti asuhan, ini mudah sekali untuk mengadopsi anak karena bisa dilakukan secara online. Pasalnya saat ini terdapat aplikasi khusus untuk mengadopsi anak. Nah, dengan adanya aplikasi ini calon orang tua angkat dapat melihat foto dari anak yang akan di adopsi beserta keterangan dari anak tersebut. 

Info Adopsi Bayi Terbaru 2021

Info terbaru terkait adopsi anak yaitu sebaiknya adopsi anak usia 3 tahun atau kurang sesuai dengan keinginan. Yang terpenting saat mengadopsi anak pastikan jika memilih agency atau Panti Asuhan yang terpercaya. Meskipun saat ini sudah layanan adopsi secara online, akan lebih terpercaya lagi jika datang secara langsung. 

Inilah panti asuhan di Bandung yang bisa mengadopsi anak

Tempat Adopsi Anak

Tempat adopsi anak saat ini banyak sekali. Namun, tidak semua tempat adopsi terpercaya dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Nah, maka dari itu pastikan Jika Anda memilih tempat adopsi yang tepat seperti halnya Panti Asuhan atau yayasan yang di bawah arahan departemen sosial. 

Jika disarankan untuk adopsi anak usia 3 tahun, Anda juga bisa mengadopsi anak yang masih bayi. Yang terpenting pastikan jika mengadopsi anak memperlakukannya dengan baik layaknya anak kandung serta menjamin masa depannya agar lebih baik, apalagi jika Anda mengadopsi anak yatim.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *