pemberdayaan anak panti asuhan
|

Pemberdayaan Anak Panti Asuhan Bisa Lewat Cara Berikut Ini

Seperti yang telah kita ketahui, jika para anak yatim piatu yang ada di Panti Asuhan tidak bisa merasakan kehidupan seperti halnya anak yang masih memiliki orang tua. Tak heran para pengelola Panti Asuhan pun mencoba untuk melakukan pemberdayaan anak panti asuhan. Di mana hal tersebut akan membuat mereka jauh lebih mandiri dan bisa menghadapi dunia luar ketika sudah dewasa nanti.

Jika Anda juga ingin melakukan pemberdayaan kepada anak-anak yatim di sekitar lingkungan. Maka berikut ini adalah hal-hal yang patut untuk anda perhatikan:

Kebutuhan Panti Asuhan

  • Kebutuhan pokok

Seperti manusia pada umumnya, anak yatim piatu yang ada di panti asuhan tentu saja membutuhkan beberapa hal untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh panti asuhan adalah paket sembako. Di mana dengan adanya paket sembako inilah mereka dapat memenuhi kebutuhan pangan.

Namun kebutuhan pokok bukan hanya dari segi pangan saja, tapi juga permasalahan pakaian. Dengan pertumbuhan anak yang cukup cepat, biasanya membuat banyak baju yang sudah tidak muat mereka pakai lagi oleh mereka. Itulah mengapa sangat penting bagi para donatur untuk menyumbangkan beberapa pakaian layak bagi mereka.

  • Kemandirian sejak dini

Para pengurus yang ada di panti asuhan selalu mengajarkan kepada anak yatim untuk hidup mandiri. Contohnya saja adalah dengan mencuci baju sendiri, mencuci piring jika sehabis makan dan selalu mengajarkan untuk beribadah kepada Tuhan.

Pemberdayaan anak panti asuhan juga menjadi salah satu pendorong munculnya kemandirian sejak dini. Dengan begitu mereka dapat mengetahui skill yang mereka miliki dengan adanya pemberdayaan tersebut.

Skill Anak Di Panti Asuhan

Dengan banyaknya anak yang tinggal di panti asuhan tentu masing-masing anak memiliki skill ataupun kemampuannya sendiri-sendiri. Dengan adanya pelatihan ataupun pemberdayaan yang ada maka perkembangan dari skill mereka akan terlatih dengan baik. Sehingga pada saat sudah dewasa tidak perlu kebingungan lagi saat memasuki dunia kerja.

Pelatihan Di Panti Asuhan

  • Pelatihan wirausaha

Kegiatan pelatihan wirausaha adalah yang paling banyak dilakukan, karena hal tersebut akan menjadi bekal bagi anak yatim piatu untuk bisa menjadi pengusaha di kemudian hari. Salah satu contoh pelatihannya adalah dengan membuat beberapa aksesoris. Apalagi dengan tingginya minat penggunaan aksesoris, bentuk pelatihan wirausaha seperti ini sangat cocok untuk mereka.

  • Pelatihan dunia digital internet

Pemberdayaan anak panti asuhan selanjutnya adalah dengan melakukan pelatihan dunia digital internet. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, jangan sampai anak-anak yang ada di panti asuhan tidak mengenalnya. Dengan adanya pelatihan seperti ini, akan menjadi di bekal bagi mereka di dalam dunia kerja.

Bakti Sosial Di Panti Asuhan

  • Sedekah

Sedekah adalah salah satu pemberian sukarela dari seseorang yang membutuhkan. Bentuk dari sedekah sendiri dapat berupa uang ataupun barang. Contohnya saja, Anda bisa menyumbangkan buku pelajaran ataupun berbagai macam peralatan sekolah.

  • Syukuran acara ulang tahun

Bakti sosial selanjutnya adalah dengan merayakan ulang tahun di panti asuhan. Selain dapat berbagi kebahagiaan, Anda pun juga bisa membagikan bingkisan bingkisan kepada mereka.

  • Bimbingan belajar gratis

Untuk kegiatan bakti sosial berikutnya adalah dengan bimbingan belajar. Anda dapat mengajak beberapa komunitas ataupun teman kuliah untuk bisa menjadi volunteer. Seperti ini akan jauh lebih bermanfaat bagi mereka karena bisa mendapatkan ilmu baru.

Cukup banyak bukan jenis dari pemberdayaan anak panti asuhan? Untuk itu Anda bisa melakukan beberapa hal diatas ketika melakukan bakti sosial. Karena pastinya anak-anak di sana merasa senang dengan kegiatan yang diadakan.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *