Mengurusi Anak Yatim Adalah Tanggung Jawab Siapa

Mengurusi Anak Yatim Adalah Tanggung Jawab Siapa Dalam Suatu Kampung?

Banyak yang mempertanyakan mengurusi anak yatim adalah tanggung jawab siapa dalam satu kampung? Sebetulnya jika terdapat anak yatim memang merupakan tanggung jawab dari perangkat desa untuk memberikan bantuan kepada mereka. Namun sebagai seorang tetangga yang baik dan juga sebagai umat Islam yang bertakwa.

Maka, siapapun orang yang berada di dekat anak yatim tersebut memiliki kewajiban untuk memberikan santunan ataupun bertanggung jawab akan kehidupan mereka. Dan hal ini tidak hanya berlaku untuk satu orang saja.

Hadits Tentang Memelihara Anak Yatim

  • Hukum Dalam Memberikan Kehidupan Bagi Anak Yatim

Sebetulnya menolong anak yatim adalah hal yang sangat mulia. Bukan hanya di dalam panti asuhan, tapi juga ada banyak anak yatim yang tinggal di rumah biasa bersama ibunya. Nah, para anak yatim seperti ini harus benar-benar diperhatikan karena membutuhkan suatu pertolongan.

Seperti hadis yang diriwayatkan oleh imam Bukhari yang bersumberkan dari Sahl bin Saad. Bahwasanya Rasulullah SAW bersabda “bagi siapa pun yang mampu memelihara ataupun merawat anak yatim dengan tulus dan baik. Rasulullah SAW pun memberikan sebuah jari telunjuk dan jari tengah dan beliaupun merenggangkan kedua kaki jarinya itu.”

Hadits Tentang Menyantuni Anak Yatim Dan Dhuafa   

Kaya ataupun miskin merupakan cobaan dari Allah SWT untuk setiap hambanya. Dua keadaan ini merupakan sunnatullah yang terjadi sesuai dengan kehendaknya. Sebagian hamba akan diuji dengan limpahan harta namun sebagian lagi akan diuji dengan kekurangan harta.

Punya harta yang melimpah, kemudian memiliki jabatan tinggi serta status sosial yang bagus tidak akan mampu menjamin seseorang memiliki kemuliaan ketika berada di hadapan Allah. Jadi orang yang tidak memiliki kecukupan dan juga sering dihina justru lebih mulia di hadapan Allah SWT. Nah, jika Anda memang memiliki harta berlimpah dan ingin selalu dekat dengan Allah SWT maka bisa melakukan sedekah kepada anak yatim dan dhuafa. Hal tersebut sudah tertera pada hadis sebagaimana berikut ini:

  • Hadits tentang anak yatim dan dhuafa

Hadis riwayat abu Yala dan tobroni tentang anak yatim.

“Barang siapa yang selalu mengikutsertakan seorang anak yatim di antara dua orang tua yang punya agama muslim. Dalam makan ataupun minumnya, sehingga anak yatim tersebut merasa kecukupan maka ia pasti akan masuk ke dalam surga.”

Hadits riwayat dari abu Dawud.

Dari abu darda’, ia berkata bahwasanya Rasulullah pernah bersabda, jika ingin mencari keridhdoanku, maka gunakan cara selalu berbuat baik kepada orang-orang yang jauh lebih lemah dari kita. Sebab kalian diberikan rezeki dan selalu tolonglah orang-orang lemah yang ada di antara kalian.”

3 Keutamaan Bagi Orang Yang Mau Mengurus Anak Yatim Dengan Baik

  • Menghindarkan dari Siksa Akhirat yang Pedih

Keutamaan untuk orang-orang yang mampu mengurus para anak yatim dengan baik adalah dijanjikan akan terhindar dari siksa akhirat yang pedih. Hal ini pun juga ada pada hadits riwayat Thabrani Dari abu Hurairah.

“Saat kiamat tiba, siksaan tidak akan diberikan kepada mereka yang merawat baik anak yatim. Namun hanya untuk orang-orang yang memberikan kasih sayang kepada anak yatim, berbicara dengan lemah lembut kepada mereka.”

  • Menjadi Ladang Amal Shalih untuk di Akhirat Kelak

Keutamaan berikutnya adalah dapat digunakan sebagai ladang amal saleh untuk di akhirat kelak. Seperti yang kita ketahui amal saleh yang merupakan salah satu pahala yang tidak akan pernah terputus meskipun sudah meninggal dunia. Pahala akan terus mengalir dan menjadi tabungan di akhirat nanti.

Hal ini pun juga sudah ada pada hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah. Apabila manusia mati maka akan terputus amal mereka, wali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan juga anak saleh yang selalu mendoakan orang tuanya.

  • Meraih Keberuntungan dan Menjadi yang Terbaik

Masih ada orang yang mempertanyakan mengurusi anak yatim adalah tanggung jawab siapa dalam satu kampung? Maka jelaskan jika terdapat suatu hadis riwayat Muslim dan Tirmidzi. Menyatakan jika siapa saja yang mampu melakukan kebaikan. Maka mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Salah satunya adalah dengan memuliakan anak yatim. Insya Allah siapa pun yang mampu memberikan kemudahan bagi mereka akan diberikan keberuntungan di dunia dan akhirat lalu menjadi yang terbaik. Selain itu seseorang yang mampu melakukan kebaikan akan dijanjikan surga oleh Allah bahkan hati yang keras akan melunak.

Harta Anak Yatim Sebaiknya Kita   

  • Tidak disalahgunakan

Jangan sampai ketika Anda memiliki tanggung jawab untuk menjaga harta anak yatim disalahgunakan. Sebab alasan yang Anda terima karena menyalahgunakan harta mereka dapat membuat Anda mengalami banyak keburukan di dunia ataupun akhirat.

Itulah penjelasan mengenai mengurusi anak yatim adalah tanggung jawab siapa dalam satu kampung. Dengan adanya ulasan di atas, Anda menjadi salah satu orang yang juga menjadi donatur Untuk meringankan beban-beban mereka.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *