Membuat Acara di Panti Asuhan
|

Membuat Acara di Panti Asuhan Bisa Diwakilkan, Ini Cara Simpel Bakti Sosial

Membuat Acara di Panti Asuhan. Kalau di masa pandemi mungkin kita sering melihat banyak acara sosial berlangsung di panti asuhan. Acara-acara kecil mulai dari mengajar, mengaji, ulang tahun, hingga agenda ramadhan pasti berlangsung di sebuah tempat yang bernama panti asuhan ini.

Namun bagaimana nasib kegiatan-kegiatan sosial di panti asuhan ini pada masa pandemi covid – 19? Yang mana akses ke banyak tempat dibatasi, serta banyak kegiatan yang melibatkan orang banyak cenderung susah izinnya? Tentunya kita harus tetap melangsungkan agenda-agenda sosial di panti, tanpa harus menabrak aturan protokol kesehatan di masa sekarang. Caranya tentu dengan membuat konsep acara yang lebih melibatkan sedikit orang, namun tidak mengurangi esensi dari acara tersebut yakni pengabdian kepada panti asuhan sebagai usaha untuk meringankan beban anak-anak di sana.

Tentu ada banyak cara untuk menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di panti asuhan. Berikut adalah beberapa cara membantu panti asuhan yang bisa anda dan kolega anda laksanakan. Semoga membantu.

Cara Membantu Panti Asuhan

Pada masa sebelum pandemi, beberapa orang membuat acara di panti asuhan dengan mudah. Bahkan mereka bisa melibatkan banyak orang dalam satu acara. Namun itu sudah sulit dilakukan. Tapi beberapa waktu belakangan ini, intensitas acara sudah bisa mulai dilakukan lagi. Apa saja acara yang cocok untuk program membantu panti asuhan? Berikut di antaranya;

  • Mengadakan Program Mengajar

Membantu meringankan beban anak di panti asuhan bisa banyak caranya. Salah satunya adalah dengan mengadakan program bimbingan belajar di sana. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa anak panti juga berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Dari kitalah pendidikan yang layak itu coba untuk disebarkan kepada yang membutuhkan. Konsep untuk program mengajar di panti ini bisa macam-macam, misalnya kita mengadakan kursus di sore hari, atau kita mengadakan program kejar paket, dan lain sebagainya.

  • Pengadaan Kursus Keahlian

Kadangkala tidak semua anak di panti mau untuk sekolah. Bagi mereka yang tidak sekolah inilah maka kursus keahlian juga patut untuk kita berikan. Bahkan bagi yang sekolahpun juga berhak mendapatkan kursus keahlian. Kursus ini cocok menjadi salah satu agenda jika kita membuat acara di panti asuhan. Sebab bisa membantu mereka untuk berkembang dan mandiri.

  • Penyerahan Buku-buku Bacaan

Tentunya buku adalah salah satu prasyarat agar seseorang bisa mengakses ilmu pengetahuan. Maka dari itu jika kita ingin membudayakan baca buku di manapun, maka harus kita mulai di panti asuhan. Sebab mereka merupakan pihak yang paling membutuhkan buku. Anda bisa menyumbang buku-buku seperti buku bacaan, buku pelajaran, ataupun buku agama untuk meningkatkan minat baca anak di panti asuhan.

  • Memberikan Games yang Seru

Kadangkala anak di panti asuhan tidak melulu butuh sesuatu yang serius dan berat. Sebab mereka juga manusia yang kadangkala juga butuh yang namanya hiburan. Untuk itulah ketika anda membuat acara di panti asuhan, maka jangan lupa untuk membuat games yang seru agar anak di panti asuhan dapat terhibur. Banyak games-games yang menuntut kerjasama yang bisa kita terapkan kepada mereka. Simak games untuk anak panti asuhan

Dalam tulisan tersebut sudah ada banyak games-games seru yang bisa diterapkan kepada anak panti asuhan.

  • Penyerahan Sembako dan kebutuhan Sekolah

Dan inilah yang paling inti ketika kita membuat acara di panti asuhan. Jangan berbicara soal yang rumit-rumit jika kita belum memenuhi kebutuhan pokok anak-anak di panti. Jika kita membuat baksos maka lebih baik buatlah acara penyerahan sembako dan kebutuhan sekolah hasil donasi di kampung anda misalnya. Itu akan lebih berguna daripada sekadar acara tiup lilin dan makan-makan untuk sesaat.

Itulah beberapa acara yang biasanya dapat kita langsungkan di panti asuhan. Namun karena berhubung sekarang sedang masa pandemi covid – 19, maka akan lebih baik apabila kita wakilkan semua kegiatan tadi lewat lembaga yang mengurusi dana panti asuhan.

Contoh Kegiatan Bakti Sosial di Panti Asuhan di Masa Pandemi

Gerakan Hari Anak Yatim merupakan gerakan untuk membantu panti asuhan di Bandung yang membutuhkan uluran tangan. Di sini sifatnya adalah kita mencoba untuk membuat platform yang memudahkan orang yang ingin membuat acara di panti asuhan tanpa mereka harus repot-repot datang ke tempat acaranya.

Donasi yang diberikan oleh bapak/ibu semua nantinya akan masuk ke rekening bersama dan akan digunakan untuk kesejahteraan di panti asuhan. Seperti pemberian bimbingan belajar di panti, program pengentasan gizi buruk di panti, serta program pengadaan mukena di sana. Semua itu akan memudahkan kita sebagai donatur ketika ingin membantu panti asuhan.

Jika anda juga berminat untuk membuat acara di panti asuhan namun terkendala waktu dan protokol kesehatan, maka serahkan donasi anda kepada kami, dan akan kami salurkan kepada yang membutuhkan. Semoga bermanfaat nantinya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *