Manfaat Santunan Anak Yatim

Manfaat Santunan Anak Yatim untuk Dunia dan Akhirat

Mungkin sebagian banyak dari kita sudah memahami jika menyantuni anak yatim yang banyak sekali manfaatnya. Apalagi agama Islam memposisikan anak yatim pada posisi yang sangat istimewa. Keistimewaan anak yatim sudah tertulis sangat jelas pada Alquran. Yang mana Salah satu manfaat santunan anak yatim yaitu mendapatkan jaminan untuk masuk surga. 

Nah, untuk memudahkan menjumpai anak yatim Anda bisa berkunjung ke panti asuhan. Pasalnya di tempat ini butuh sekali bantuan dari orang-orang baik. Apalagi di kondisi pandemi seperti saat ini kunjungan ke panti asuhan yang dulunya cukup banyak, gini mengalami penurunan sangat drastis mencapai 60%. Nah, untuk meningkatkan kesadaran melakukan santunan anak yatim, simak manfaatnya berikut ini. 

Manfaat Sedekah Anak Yatim

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika banyak sekali manfaat yang didapatkan jika melakukan santunan terhadap anak yatim. Nah, sebagaimana berikut ini beberapa manfaatnya.

  1. Sedekah anak yatim membuat pahala kita akan terus mengalir. Pasalnya terdapat tiga amalan yang akan terus mengalir sekalipun kita sudah meninggal yaitu Ilmu bermanfaat, doa anak Sholeh dan sedekah jariyah.
  2. Manfaat lain jika bersedekah untuk anak yatim yaitu harta yang dimiliki akan lebih berkah dan juga akan bertambah.
  3. Bersedekah untuk anak yatim juga dapat menutup aib. Hal tersebut sudah dijelaskan oleh imam Syafi’i bahwa sedekah merupakan salah satu cara untuk menutup aib. 
  4. Bersedekah untuk anak yatim di Panti Asuhan juga menghindarkan dari bencana atau bahaya. 

Salah Satu Manfaat Menyantuni Anak Yatim Yaitu

Selain keempat manfaat santunan anak yatim di atas, manfaat lainnya yaitu dapat memperpanjang umur. Bahkan, di waktu yang sama Allah juga menjadikan seseorang yang melakukan santunan untuk anak yatim dapat terhindar dari berbagai hal yang buruk termasuk kematian dalam keadaan yang buruk. 

Bagaimana Cara Menyantuni Anak Yatim yang Baik

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang ingin menyantuni anak yatim? Mungkin yang membuat bingung adalah bagaimana cara menyantuni anak yatim yang benar. Perlu kita ketahui cara yang paling tepat untuk menyantuni anak yatim yaitu dengan membawanya ke dalam keluarga dan mencukupi semua kebutuhannya.

Niat Sedekah untuk Anak Yatim

Sebelum bersedekah untuk anak yatim, alangkah baiknya jika berdoa terlebih dahulu. Sebagaimana berikut ini doanya.

Allahummar Zuqni Fiihi Rahmatal Aytaam wa Ith’aamat Tha’aam wa Ifsyaas Salaam wa Shuhbatal Kiraam Bithoulika Yaa Maljal Aamiliin

Artinya : “Ya Allah berikan rezeki terhadap anak yatim berupa kasih sayang serta memberikan makanan serta menyebarkan salam dan pergaulan sama orang-orang yang mulia”.

Keajaiban Menyantuni Anak Yatim

Menyantuni anak yatim juga memiliki keajaiban tersendiri. Yang mana dengan bersedekah terhadap anak yatim dapat terbebas dari api neraka. Hal ini berlaku buat siapapun dengan nominal sedekah berapapun asalkan kita lakukan dengan ikhlas. 

Rahasia Anak Yatim

Anak yatim memiliki posisi yang sangat mulia dalam Islam, sehingga jika kita dengan ikhlas bersedekah terhadap anak yatim banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan. Adapun salah satu manfaat santunan anak yatim yaitu dapat menyejukkan hati. Dengan begitu hidup akan terasa lebih bahagia dan tenteram. 

Baca Juga : Adopsi Anak Yatim Piatu Bandung

Hadits Tentang Anak Yatim dan Artinya

“Siapapun  yang menghadirkan  anak yatim diantara dua orang tua  muslim, dalam makan serta minumnya, sehingga dapat tercukupi  maka dia akan masuk surga.” [HR. Abu Ya’la dan Thobroni, Shohih At Targhib, Al-Albaniy : 2543].

Bersedekah Kepada Anak Yatim Paling Diutamakan Pada Bulan apa? 

Tahukah Anda bulan apa yang paling utama untuk bersedekah terhadap anak yatim? Pada tanggal 10 Muharram atau Asyura merupakan bulan yang paling tepat untuk bersedekah terhadap anak yatim. 

Dengan mengetahui berbagai manfaat bersedekah untuk anak yatim, marilah kita berbondong-bondong untuk membantu anak yatim di Panti asuhan. Banyak sekali yang bisa Anda lakukan, dengan bersedekah berupa uang, makanan dan juga pakaian yang layak untuk digunakan.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *