Manfaat Donasi Online Bagi Anak Yatim

Manfaat Donasi Online Bagi Anak Yatim

Di zaman seperti sekarang ini semua kegiatan bisa dilakukan dengan cara online. Cara ini tentu sangat memudahkan pekerjaan manusia dimanapun berada. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan secara online adalah membagikan donasi kepada anak yatim. Mungkin dulu kita bisa memberikan donasi hanya kepada anak yatim yang ada di sekitar kita saja. Namun dengan system online, seseorang bisa memberikan donasi dengan jangkauan yang lebih luas dan mudah. Di era pandemi seperti sekarang ini, donasi online tentu menjadi pilihan karena lebih aman. Lalu apa saja yang bisa didonasikan jika dilakukan secara online dan apa manfaat donasi online bagi anak yatim?

Jenis Donasi untuk Anak Yatim Secara Online

Agar Anda tidak bingung dalam memberikan donasi kepada anak yatim secara online, maka berikut terdapat beberapa referensi khusus untuk Anda agar tahu jenis donasi yang dibawa dan apa saja manfaat donasi online bagi anak yatim. Nah, jenis donasi online untuk anak yatim diantaranya adalah:

  • Memberi Pakaian

Meskipun secara online, Anda tetap bisa memberikan donasi pakaian kepada anak yatim. Caranya adalah dengan memilah pakaian Anda yang sudah tidak dipakai karena kekecilan dengan catatan masih layak pakai. Anda juga bisa mengajak kerabat atau teman untuk mengumpulkan pakaian nya agar bisa disumbangkan kepada anak yatim di sebuah panti asuhan.

Meskipun remeh, donasi pakaian nyatanya sangat dibutuhkan oleh anak-anak yang berada di panti asuhan. Masa perkembangan dan pertumbuhan yang intens di masa nya tentu sangat membutuhkan baju yang layak pakai. Jadi, Anda bisa mendonasikan baju anak-anak sesuai dengan kebutuhan sebuah panti. Anda bisa mengirimkan pakaian yang akan di donasikan secara online (Hari Anak Yatim)dengan memanfaatkan kurir pengiriman.

  • Seragam Sekolah

Seragam sekolah adalah jenis donasi kedua yang tidak kalah penting diberikan kepada anak yatim. Jika mencari seragam sekolah bekas cukup sulit untuk dilakukan, maka Anda bisa mengumpulkan donasi berupa uang dan dibelikan seragam sekolah untuk anak yatim.

  • Sembako

Kebutuhan yang tidak kalah penting selanjutnya adalah sumbangan sembako. Sembako menjadi salah satu kebutuhan yang pasti dibutuhkan setiap harinya. Anda bisa mengumpulkan donasi berupa uang dari kerabat atau teman terdekat, jika sudah terkumpul tinggal membelikan kebutuhan sembako.

Donasi Panti Asuhan 

Meskipun sudah mendapatkan bantuan resmi dari pemerintah, namun tidak ada salahnya jika sebagai sesama muslim rutin memberikan donasi pada panti asuhan yang membutuhkan. Karena  manfaat penggalangan dana sejatinya tidak hanya didapatkan oleh yang menerima saja, namun juga bermanfaat untuk siapa saja yang memberikannya. Allah menyukai orang-orang yang suka bersedekah baik di waktu lapang maupun di waktu sempit.

Jika ingin berpartisipasi lebih dalam penggalangan dana, Anda bisa mengikuti beberapa situs yang menyediakan donasi secara online. Karena sudah di system, maka Anda tidak perlu takut uang donasi nya disalahgunakan. Semua dijamin aman dan akan sampai pada tangan anak yatim yang membutuhkan.

Manfaat Sumbangan Bagi Panti Asuhan 

Selain itu, terdapat banyak sekali manfaat yang akan didapatkan bagi panti asuhan jika sebagai sesama muslim senang berbagi. Nah, beberapa manfaat sumbangan bagi panti asuhan diantaranya adalah:

  • Berbagi Kesenangan

Dengan adanya donasi yang diberikan meskipun nilainya tidak seberapa namun sangat membantu keberlangsungan hidup anak-anak yang berada di panti. Pihak panti akan sangat senang jika banyak orang yang peduli dengan mereka. Hal ini juga mampu memberikan pelajaran untuk semua orang agar peduli terhadap sesama dan memaknai pentingnya berbagi.

  • Belajar Menghargai Satu Sama Lain

Nah, manfaat yang kedua adalah mampu menghargai satu sama lain. Setiap orang memiliki tujuan hidup yang berbeda-beda, dengan memperhatikan terhadap sesama maka hidup akan lebih indah. Allah memerintahkan hambanya untuk berbuat baik terhadap sesama,

  • Meringankan Beban Pihak Panti

Manfaat memberi sumbangan bagi panti asuhan yang ketiga adalah kita secara tidak langsung sudah meringankan beban pihak panti asuhan. Jika kita masih belum bisa menjadi bagian dari ornag yang mengurus anak yatim, setidaknya kita sudah berpartisipasi untuk selalu memberikan sumbangan positif kepada anak yatim.

  • Menjalankan Perintah Allah

Manfaat selanjutnya adalah kita bisa menjalankan perintah Allah untuk menyantuni anak yatim. Dalam menyantuni anak yatim niatkanlah untuk mendapatkan ridho dari Allah dan jangan menginginkan balasan dunianya. Karena dengan menolong anak yatim di dunia niscaya anak yatim akan menolong kita ketika di akhirat.

Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan jika kita istiqomah untuk memberikan sumbangan kepada anak yatim. Semoga kita tidak termasuk golongan yang menghardik anak yatim dan termasuk golongan orang yang memuliakan anak yatim sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Disebutkan pula dalam hadits yaitu: “ Aku dan orang yang menanggung anak yatim di surga kedudukan nya seperti jari telunjuk dan jari tengah.” (H.R Bukhari).

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *