Kebutuhan Gizi Anak Usia 6 – 12 Tahun

Kebutuhan Gizi Anak Usia 6 – 12 Tahun

Kebutuhan Gizi Anak Usia 6 – 12 Tahun. Setiap orang tua pasti menginginkan buah hati nya bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat dan cepat. Salah satu hal yang harus dipenuhi untuk tumbuh kembang si kecil adalah kebutuhan gizi. Apapun yang dikonsumsi oleh anak-anak sangat berfungsi untuk tubuhnya sehingga seluruh asupan makanan nya harus dijaga. Anak-anak yang sudah menginjak usia 6 sampai 12 tahun sedang aktif-aktifnya dan tidak bisa diam. Rasa ingin tahu yang semakin tinggi terhadap segala hal membuat anak-anak tidak bisa diam. Nah, untuk mengimbanginya maka perlu sekali mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Menu Makanan Untuk Anak Usia 6- 12 Tahun

Agar Bunda tidak salah dalam memberikan makanan sesuai dengan yang dibutuhkan di kecil, maka mengetahui menu makanan yang tepat adalah pintu awal memulai hidup sehat kepada anak. Berikut adalah menu makanan yang memenuhi kebutuhan gizi anak usia 6 – 12 tahun, diantaranya:

  • Sup Ayam

Di dalam menu sup ayam selain terdapat berbagai vitamin dan omega 3, terdapat juga gizi dan protein yang pasti nya sangat tepat dikonsumsi anak-anak usia 6 – 12 tahun. Sup ayam adalah menu andalan Bunda di beberapa daerah, dan ternyata menu ini memang cocok untuk disajikan kepada anak tercinta.

  • Pancake

Menu selanjutnya adalah pancake, pancake sangat cocok disajikan untuk anak-anak saat sarapan atau ketika sedang waktunya ngemil. Pancake bisa dijadikan menu andalan jika sedang bosan makan dengan nasi putih. Cara membuat pancake juga sangat mudah, Anda tinggal menyiapkan tepung, baking soda, baking powder, dan lain sebagainya. sangat simple dan cocok disajikan ketika sarapan.

  • Pom-pom Potato

Anak-anak bosan dengan olahan kentang yang begitu-begitu saja? Jika benar maka waktunya Bunda untuk berkreasi. Cara membuat pom-pom potato adalah dengan mencampurkan kentang, keju, wortel, telur, dan bumbu secukupnya. Kemudian haluskan semua bahan dan jika sudah siap pom-pom potato tinggal di goreng. Dijamin anak-anak pasti suka dengan camilan yang satu ini. Selain rasanya yang enak, pom-pom potato juga kaya akan berbagai vitamin dan kebutuhan gizi lainnya.

  • Puding Sutra Coklat

Semua anak pasti suka dengan makanan yang rasanya manis dan enak. Anak tidak melulu diberi makanan gurih, namun sesekali juga butuh makanan manis untuk menyeimbangkan gizi. Puding sutra coklat adalah dessert yang pasti disukai oleh anak-anak. cara membuat puding sutra coklat juga sangat mudah, Anda bisa menambahkan susu atau fla untuk disajikan kepada anak tercinta.

  • Gurame Goreng Crispy

Untuk yang terakhir Anda bisa memberikan anak-anak ikan gurame goreng yang pasti akan menambah nafsu makan anak. di dalam ikan gurami mengandung banyak sekali protein, omega, kalsium dan beberapa vitamin yang sangat cocok untuk tumbuh kembang anak-anak. mengonsumsi gurami tergolong cukup penting, namun anak-anak juga bisa diberikan ikan-ikanan lainnya yang mengandung banyak gizi.

Masalah Gizi Pada Anak Sekolah Dasar

Selain menu yang disebutkan diatas, sebenarnya ada beberapa menu yang disarankan untuk dikonsumsi anak-anak usia pertumbuhan. Yang terpenting di dalam makanan yang diberikan harus ada kandungan karbohidrat, protein, mineral, berbagai gizi, dan lain-lain. Namun, masalah yang sering terjadi di masyarakat adalah banyak anak yang mengalami masalah gizi di usia sekolah dasar. Mengapa hal tersebut bisa terjadi dan apa saja penyebabnya? Berikut adalah beberapa penyebab anak-anak mengalami masalah gizi yang perlu diketahui orang tua, yaitu:

  • Ketidaktahuan Orang tua tentang Pentingnya Gizi

Penyebab utama yang menjadikan anak sekolah dasar mengalami masalah pada gizi adalah karena ketidaktahuan orang tua tentang pentingnya gizi di masa pertumbuhan dan perkembangan. Karena kurangnya pengetahuan itulah orang tua menjadi kurang peka terhadap apa saja yang dikonsumsi oleh anak, sehingga anak-anak tidak mendapat nutrisi yang penuh dalam masa pertumbuhannya.

  • Sosial Ekonomi yang rendah

Penyebab kedua adalah makanan yang dikonsumsi memang benar-benar tidak memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh. Jika anak tidak mendapatkan gizi yang penuh dalam jangka waktu yang lama, maka anak akan mengalami kekurangan gizi dan berdampak dengan tumbuh kembangnya.

  • Kebersihan yang Kurang

Sudah makan makanan bergizi namun tetap mengalami masalah pada gizi, apa penyebabnya? Jika hal ini yang terjadi maka Anda bisa melihat dari segi kebersihan lingkungan terlebih dahulu. Makanan yang bergizi apabila dihinggapi berbagai hewan yang membawa kotoran, secara otomatis akan membuat makanan menjadi tidak sehat. Kebersihan yang kurang justru membuat anak-anak terserang berbagai penyakit, jadi sebagai orang tua jangan sampai lengah ya!

  • Menderita Penyakit Tertentu

Penyebab anak sekolah dasar mengalami kurang gizi yang terakhir adalah menderita penyakit tertentu yang menyerang gizi. Contoh penyakit yang bermasalah pada gizi adalah penyakit celiac, radang usus, penyakit Crohn, infeksi, TB paru, dan lain sebagainya. beberapa penyakit tersebut ternyata menyerang gizi sehingga yang terlihat anak-anak menjadi kurang gizi. Segera periksakan ke dokter jika terjadi hal tersebut.

Kebutuhan Gizi Anak Usia Sekolah 

Nah, agar buah hati tidak sampai mengalami kekurangan gizi, apa saja kebutuhan gizi yang dibutuhkan anak usia sekolah? Kebutuhan gizi anak sekolah bisa dipenuhi dengan cara:

  • Makan 3 kali sehari

Cara pertama adalah dengan menjaga pola makan sejak usia dini. perlu diingat bahwa sehat belum tentu harus kaya, Anda bisa mendapatkan berbagai makanan sehat dengan harga murah asalkan pola makannya tetap terjaga. Usahakan anak makan 3 kali dalam sehari agar tubuh tetap sehat dan kuat.

  • Banyak minum air putih

Air putih adalah sumber mineral yang sangat penting untuk kebutuhan tubuh. Latihlah anak untuk suka minum air putih dan hindari minuman yang mengandung glukosa agar anak tidak mudah sakit. Air putih sangat penting untuk tumbuh kembang anak usia 6 – 12 tahun.

  • Porsi makanan yang pas

Meskipun makan adalah hal yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak, namun jangan sampai porsi nya berlebihan. Tubuh yang terlalu gemuk di usia pertumbuhan juga berdampak buruk terhadap kesehatan. Oleh karena itu aturlah porsi makan Anda dengan porsi yang pas.

  • Diselingi makan buah dan sayur

Di dalam buah dan sayur terdapat berbagai vitamin dan mineral yang mampu menjaga metabolisme tubuh dengan baik. rajinlah memberikan makan anak dengan buah dan sayur agar kebutuhan nutrisi tercapai dengan baik dan terhindar dari kekurangan gizi.

Itulah beberapa hal yang wajib diketahui orang tua untuk menjaga kebutuhan gizi sang buah hati. Contoh menu gizi seimbang untuk anak sekolah wajib untuk dicoba terutama terhadap anak yang sedang sulit makan. Bila perlu Anda bisa memberikan vitamin atau obat penambah nafsu makan kepada anak agar lebih sehat. Semua orang tua pasti berharap memiliki anak yang sehat dan tumbuh dengan baik kan? Mulai sekarang perhatikan tumbuh kembang anak agar kebutuhan gizi tercapai dan tumbuh menjadi anak yang lebih sehat!

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *