Jadwal Santunan Anak Yatim Di Bandung

Jadwal Santunan Anak Yatim Di Bandung

Jadwal Santunan Anak Yatim Di Bandung. Jika kita mengaku sebagai orang Islam, maka jangan pernah untuk melupakan perintah Allah menyantuni anak yatim. menyantuni anak yatim adalah ajaran Nabi Muhammad SAW yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Allah akan memberikan balasan yang baik kepada siapa saja yang suka menyantuni anak yatim, dan Allah akan membenci orang yang suka menzalimi dan menghardik anak yatim. Oleh karena itu, memahami tentang anak yatim dan pengertiannya adalah hal yang cukup penting!

Pengertian Anak Yatim

Anak yatim jika diartikan secara bahasa memiliki arti infirad atau sendiri, dalam bahasa Arab apapun yang sendiri dinamakan yatim. sedangkan, dalam syariah yatim memiliki arti seorang anak yang ditinggal wafat oleh ayahnya dalam usia masih kecil atau belum baligh. Jadi jika anak tersebut sudah baligh maka tidak termasuk golongan anak yatim. beberapa keutamaan bagi orang yang suka menyantuni anak yatim diantaranya adalah:

Dekat dengan Rosululloh

Orang yang suka menyantuni dan merawat anak yatim dijanjikan oleh Rosul akan berkumpul bersamanya di syurga. Bahkan kedekatannya bagaikan jari tengah dan jari telunjuk. Oleh karenanya mari kita berusaha untuk selalu menyantuni anak yatim agar termasuk golongan orang yang dekat dengan Rosululloh di syurgaNya.

Melembutkan hati

Hati setiap orang memang tidak ada yang suci, namun dengan sering menyantuni anak yatim maka Allah akan melembutkan hari kita dan dihindarkan dari berbagai penyakit hati. Menyantuni anak yatim akan menyelamatkan dari sifat cinta dunia terhadap siapa saja yang menjalankannya.

Dimulyakan di dunia dan di akhirat

Keutamaan selanjutnya adalah dijadikan mulya hidupnya di dunia, tidak pernah merasa kekurangan, dan selalu bersyukur atas rezeki yang diberikan kepadanya. Selain itu di akhirat juga akan selamat dan terbebas dari hisab. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang selamat dunia akhirat.

Bagi Anda yang tinggal di daerah Bandung, terdapat beberapa yayasan panti asuhan yang siap untuk menerima sumbangan atau donasi dari masyarakat. Namun agar lebih kondusif terdapat jadwal santunan anak yatim di Bandung yang dikhususkan untuk masyarakat. Nah, beberapa jenis santunan yang dibutuhkan untuk anak yatim di daerah Bandung diantaranya adalah:

Bahan Makanan

Di masa pandemi seperti sekarang ini, pihak panti asuhan membutuhkan bahan makanan yang cukup dan sehat untuk menjaga kesehatan dari anak-anak yatim yang tinggal disana. Bahan makanan yang dibutuhkan bisa berupa sembako, minyak, vitamin, susu, makanan ringan, dan lain-lain.

Donasi Pakaian

Kebutuhan kedua adalah pakaian, anak-anak yatim yang tinggal di panti asuhan pasti membutuhkan pakaian yang layak. Di masa pertumbuhan anak-anak pasti butuh dengan pakaian yang sesuai. Anda bisa memberikan pakaian bekas yang masih layak dan bagus untuk dipakai. Agar donasi pakaian dalam jumlah banyak Anda bisa juga menggalang donasi dengan tujuan lebih bermanfaat.

Mainan 

Mainan adalah kebutuhan anak-anak dimanapun berada, meskipun sepele adanya mainan sangat penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Dengan demikian psikologis anak yang ada di panti akan sehat karena kebutuhan nya terpenuhi. Anak yatim memang hidup nya tidak seberuntung anak normal biasanya, karena itulah sebagai saudara yang baik kita harus memulyakan mereka salah satunya dengan menyenangkan hatinya.

Pendidikan

Tidak harus soal kebutuhan sehari-hari, pendidikan juga sangat penting didapatkan oleh anak-anak yang tinggal di panti asuhan. membantu proses pendidikan anak yatim adalah hal yang mulia karena memberikan masa depan cerah untuk orang banyak.

Anak Yatim Bandung

Anak yatim yang ada di Bandung tergolong cukup banyak, dan semuanya terawat dengan baik. cara menyantuni anak yatim yang bisa kita lakukan sesuai dengan ajaran nabi Muhammad SAW diantaranya adalah:

  • Membelai rambutnya

Salah satu cara yang dianjurkan nabi adalah dengan membelai rambut anak yatim ketika memberikan santunan. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, ada seorang laki-laki yang mengadukan kekerasan hatinya kepada Rosul. Maka Rosululloh SAW bersabda: “Usaplah kepala anak yatim dan berilah makan orang miskin”.

  • Mengelola Harta sesuai dengan ajaran Nabi

Cara selanjutnya adalah dengan mengelola harta anak yatim sesuai dengan yang diajarkan Nabi Muhamamd SAW. Jadi tidak mengambil untung dari harta anak-anak yatim melainkan niat untuk menjaganya agar dipergunakan secara benar.

Jadwal Santunan Anak Yatim Di Bandung Hari Ini

Bagi Anda yang ingin memberi santunan kepada anak yatim hari ini, maka silahkan untuk menghubungi pihak yayasan panti asuhan terlebih dahulu. Dengan demikian Anda bisa datang sesuai jadwal dan tidak ada kesalah fahaman. Santunan anak yatim tanggal berapa ? tentu saja, untuk jadwal nya sebenarnya bisa dilakukan sewaktu-waktu. Namun agar lebih kondusif diharapkan untuk mengatur jadwal terlebih dahulu agar lebih terkondisikan. Hubungi alamat kami sekarang juga untuk mengatur waktu santunan anak yatim di Bandung! Atau untuk lebih mudah maka dapat melalui website hari anak yatim, yang mana santunan tersebut nantinya akan kami sampaikan kepada pihak yang membutuhkan.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *