Hukum Sedekah Baju Bekas Dalam Islam

Hukum Sedekah Baju Bekas Dalam Islam

Mungkin sebagian orang menganggap jika baju bekas tidak lagi ternilai. Padahal masih banyak orang yang membutuhkan bantuan baju bekas yang masih layak untuk mereka gunakan. Yang mana saat kita memberikan apapun kepada orang lain dengan jumlah yang kecil saja orang yang menerima akan merasa sangat bahagia. 

Lalu, tahukah Anda apa hukum sedekah baju bekas? Sebagian orang mungkin tidak mengerti bagaimana hukumnya. Yang mana hukum dari bersedekah baju bekas tidak hanya sekedar boleh. Tetapi jika hal tersebut anda lakukan akan termasuk dari perbuatan yang sangat baik karena dapat meringankan beban orang lain. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya terkait sedekah baju bekas dalam Islam, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Donasi Baju Bekas Terdekat

Saat ini banyak sekali tempat yang menerima donasi baju bekas. Seperti halnya panti asuhan, panti jompo atau organisasi organisasi tertentu. Yang mana pihak ini nantinya akan menyalurkan donasi pakaian bekas tersebut kepada orang yang membutuhkan. Apalagi saat ini masih banyak orang yang sering menggunakan pakaian yang layak untuk mereka gunakan. Bahkan, pakaian yang mereka gunakan sudah robek dan kotor. 

Sedekah Baju Bekas Di Bandung

Sedekah merupakan salah satu hal yang baik untuk untuk siapapun. Bahkan Rasulullah SAW sangat menyarankan sedekah bagi setiap muslim. Sehingga bisa kita sebut jika sedekah adalah sebuah kewajiban tetapi tersamarkan. Salah satu bentuk sedekah yang paling kecil yaitu mencegah pribadi dari maksiat. Sedangkan bentuk sedekah kepada orang lain bisa berupa apapun dan tidak ternilai jumlahnya.

Hukum Menumpuk Pakaian

Setelah mengetahui hukum sedekah baju bekas, penting juga untuk mengetahui hukum menumpuk pakaian yang tidak lagi anda gunakan tapi masih layak pakai tidak diperbolehkan. Pasalnya hal tersebut termasuk salah satu perbuatan yang membuang-buang pakaian. Nah, maka dari itu alangkah baiknya jika pakaian yang sudah tidak lagi anda gunakan lebih baik kita sumbangkan ke tempat yang membutuhkan seperti Panti Asuhan. 

Jika kita tidak bisa bersedekah dengan memberikan uang tunai atau bentuk lainnya, Anda bisa memulai dengan hal-hal yang sederhana seperti halnya bersedekah berupa pakaian bekas yang masih layak pakai. 

Baju Bekas Disumbangkan Kemana?

Pernahkah Anda bertanya baju bekas disumbangkan kemana? Perlu anda ketahui jika saat ini banyak sekali tempat yang senang hati menerima bantuan baju bekas. Misalnya saja panti asuhan yang terdapat banyak sekali anak-anak, biasanya di tempat ini kekurangan baju yang layak lho. 

Nah, dengan kebutuhan itu menjadi sebuah peluang bagi kita untuk berbuat baik dengan menyumbangkan baju bekas yang tertumpuk dalam lemari dan tentunya masih layak pakai. Selain itu, Anda juga bisa menyumbangkan barang lain seperti kebutuhan seperti sembako misalnya.

Baca Juga : Menyumbang Pakaian Bekas ke Panti Asuhan Boleh Saja Kok

Pahala Sedekah Baju

Ada sebagian orang menganggap jika bersedekah baju bekas merupakan hal yang tidak baik untuk kita lakukan. Pasalnya apapun yang kita lakukan akan berbalik dengan baik jika diimbangi dengan ikhlas dan sangat bermanfaat bagi orang lain. 

Seperti halnya saat anda bersedekah baju bekas kepada orang-orang yang membutuhkan seperti Panti Asuhan, panti kombo, pengemis dan lainnya justru hal tersebut akan sangat bermanfaat. Apalagi jika pakaian yang disumbangkan masih dalam keadaan baru. Maka dari itu, mulai saat ini cobalah untuk menata ulang lemari pakaian dan memilah-milah mana pakaian yang sekiranya tidak anda gunakan lagi dan masih layak untuk digunakan orang lain.

Sudah mengerti bagaimana hukum sedekah baju bekas, kini saatnya eksekusi dengan mengumpulkan baju-baju bekas yang sudah tidak digunakan lagi tapi masih layak digunakan. Mulailah menyumbangkan baju bekas kepada orang-orang terdekat yang membutuhkan, panti asuhan atau tempat lainnya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *