Foster Family Adalah

Foster Family Adalah Trend Terkini Dunia Adopsi Anak

Foster Family adalah salah satu hal yang paling banyak dilakukan oleh negara barat. Namun seiring berjalannya waktu, tren seperti ini juga sudah muncul di negara Indonesia. Karena jika kita mengingat bagaimana keadaan para anak yatim piatu yang tidak memiliki orang tua kehidupan yang mereka jalani cukup memprihatinkan.

Dengan kurangnya kasih sayang serta kurang arahan yang benar, selang beberapa tahun kemudian akan menjelma menjadi anak jalanan ataupun terlantar. Untuk bisa menyelamatkan kehidupan mereka, tak heran Foster family adalah salah satu hal yang paling tepat untuk kita jalankan.

Apa itu Foster Family?

Lalu sebetulnya apa sih Foster Family itu? Maksudnya adalah sebuah pengasuhan anak untuk bisa memenuhi kebutuhan kasih sayang, kelekatan, keselamatan dan juga kesejahteraan bagi kehidupan anak di masa depan.

Banyak sekali anak di negara Indonesia yang tidak dapat tinggal dan mempunyai orang tua kandung, ataupun tidak bisa memperoleh pengasuhan yang layak. Itulah mengapa, upaya yang paling tepat agar anak-anak tersebut bisa kembali berada dalam lingkungan keluarga dengan mencari keluarga pengganti.

Keluarga pengganti ini merupakan orang tua asuh yang sekaligus menjadi wali. Orang tua asuh ini merupakan suami istri yang memiliki kewenangan dalam pengasuhan anak namun bersifat sementara. Bisa jadi, Foster family ini merupakan pilihan pengasuhan alternatif untuk anak yang memiliki kondisi tidak memungkinkan diasuh oleh orang tua kandung mereka.

Keluarga Campuran

Setelah mengetahui apa pengertiannya, maka berikut ini adalah beberapa tipe dari keluarga campuran yang perlu Anda ketahui:

  • Keluarga Multibudaya

Yang pertama merupakan keluarga multi budaya yang menjadi keluarga dengan latar belakang budaya berbeda. Keluarga multi budaya ini juga seringkali kita sebut sebagai keluarga multirasial yang keberadaannya cukup signifikan pada dekade terakhir ini.

  • Keluarga dengan kombinasi 

Maksud dari keluarga kombinasi ini merupakan keluarga yang sebetulnya memiliki anak kandung, namun juga memiliki anak adopsi dan masuk bergabung menjadi anggota keluarga.

  • Keluarga Asuh  (Foster Family)

Foster family adalah keluarga yang mampu menerima anak yang tidak memiliki hubungan keluarga ataupun saudara dalam waktu sementara saja. Sistem ini juga memberikan sebuah support kepada anak-anak adopsi tersebut dalam kurun waktu sementara saja. Biasanya pemilihan anak ini yang mengatur adalah pengadilan ataupun agen pemerintah.

Pengangkatan Anak Untuk Menjadi Foster Family

Siapa saja sih para orangtua asuh yang cocok untuk memenuhi kriteria Foster family? Berikut ini adalah kriterianya:

  • Asli warga negara Indonesia yang juga berdomisili tetap di Indonesia.
  • Minimal usia 30 tahun dan maksimal usia 55 tahun.
  • sehat secara mental dan fisiknya.
  • Mempunyai surat keterangan catatan dari kepolisian sebagai bukti tidak pernah menjadi narapidana.
  • Memiliki agama yang sama dengan agama yang dianut oleh anak.
  • Mempunyai kompetensi dalam mengasuh anak.
  • Tidak pernah melakukan eksploitasi, perlakuan kasar dan penelantaran kepada anak.

Adopsi Anak di Lembaga Hari Anak Yatim

Untuk proses adopsi Foster family akan pemutusannya melalui sebuah rekomendasi LPA dan surat ijin dari  dinas sosial di daerah masing-masing. Salah satu lembaga yang terpercaya adalah Hari Anak Yatim, di mana kita bisa mengurus proses menuju sistem adopsi model ini.  

Foster family adalah sistem pengasuhan anak sementara yang sangat cocok dilakukan untuk Anda yang memang ingin membantu para anak yang tidak membutuhkan kasih sayang. Pengajuan ini dapat dilakukan saat hari anak yatim, dimana hal itu akan jadi kejutan untuknya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *