Film Tentang Anak Yatim Piatu

Film Tentang Anak Yatim Piatu Paling Menyentuh

Film Tentang Anak Yatim Piatu. Tahukah Anda apa itu anak yatim? Menurut agama Islam anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal mati ayahnya sebelum ia baligh. Jika sudah baligh maka anak tersebut sudah tidak termasuk golongan yatim lagi. Begitu juga dengan piatu, piatu adalah seorang anak yang ditinggal mati ibunya ketika ia masih kecil. Jadi, anak yatim piatu adalah seorang anak yang ditinggal mati ayah dan ibunya sewaktu masih kecil sehingga hidup sebatang kara.

Dalam menyikapi anak yatim, agama Islam mengajarkan untuk selalu berbuat baik kepada anak yatim, menyantuni anak yatim, dan memberikan hak mereka. Banyak sekali keistimewaan anak yatim yang harus diketahui oleh umat Islam agar semua sadar dan suka menyantuni anak yatim. salah satu keistimewaan anak yatim adalah menjadikan orang yang menyantuni disayang Allah dan dilindungi oleh Allah baik di dunia maupun di akhirat.

Kisah Yatim Piatu

Agar kita bisa lebih kenal dengan kehidupan anak yatim piatu yang berada di panti asuhan, tidak ada salahnya jika kita mengetahui beberapa kisah dari anak yatim piatu. Pada kesempatan kali ini kami memiliki beberapa kisah anak yatim yang bisa diambil pelajaran untuk kehidupan kita. Penasaran seperti apa ceritanya?

  • Perjuangan Anak Yatim Piatu

Kisah anak yatim piatu yang pertama adalah mengenai perjuangan anak yatim piatu ketika hidup bersama di panti asuhan. Kita pasti tahu bahwa anak yang hidup di panti asuhan pasti merindukan kasih sayang dari keluarga terutama orang tuanya. Namun hal tersebut tidak akan didapatkannya karena orang tua nya sudah meninggalkan untuk selamanya. Jadi perjuangan anak yatim di panti asuhan sangat keras dan perlu kita perhatikan agar tidak merasa sendiri dan tetap semangat dalam menjalani hidup.

  • Cerita Anak Yatim Piatu di Panti Asuhan

Tidak hanya cerita yang menyedihkan, kehidupan di panti asuhan juga banyak sekali cerita menyenangkan dari anak panti asuhan. Salah satu cerita anak yatim yang menyenangkan adalah hidup bersosial sejak dini, hidup bersosial membuat anak-anak menjadi peduli terhadap sesama dan rendah hati. Selain itu anak panti asuhan bisa belajar bersama mengenai pelajaran sekolah dan bisa lebih mandiri.

Sedekah Anak Yatim Di Hari Jumat

Pengalaman anak-anak yang tinggal di panti asuhan bisa kita ambil pelajaran untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu perbuatan yang bisa kita lakukan untuk menyantuni anak yatim adalah dengan memberikan sedekah secara rutin. Sedekah tersebut bisa diberikan setiap hari jum’at dan bisa berupa apapun yang dibutuhkan anak yatim di panti asuhan. Jika kita tidak bisa membangun yayasan untuk tempat tinggal anak yatim maka kita bisa memberikan santunan secara rutin.

  • Berapa Sedekah Untuk Anak Yatim?

Apakah Anda masih bingung dengan hitungan sedekah yang wajib dikeluarkan untuk anak yatim? Sebenarnya sedekah tidak ditentukan jumlah yang harus dikeluarkan berapa, karena sedekah hukumnya adalah sunnah. Namun Allah sangat menyukai siapa saja yang memberikan sedekah kepapda terutama kepada anak yatim. Intinya jika Anda ingin bersedekah kepada anak yatim berikanlah semampu Anda dan dengan bantuan yang layak. Hari yang baik untuk sedekah anak yatim adalah hari jum’at karena di hari tersebut merupakan hari raya umat Islam. Namun jika Anda ingin memberikan sedekah di hari yang lain maka tidak masalah.

Cara Bersedekah Kepada Anak Yatim

Agar mendapatkan ridho dan fadhilah dari menyantuni anak yatim, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam bersedekah terhadap anak yatim, yaitu:

  • Sedekah Untuk Anak Yatim

Ketika sudah memutuskan untuk memberikan sedekah kepada anak yatim, maka niatkan semuanya untuk anak yatim dan jangan mengharapkan pujian atau niat yang lain. Cukup niat membantu agar anak yatim mendapatkan kebahagiaan seperti anak pada umumnya. Biasanya dalam memberikan bantuan kepada anak yatim tidak ditentukan barangnya, namun lebih baik berikan sedekah yang dibutuhkan seperti makanan pokok, berbagai vitamin, peralatan mandi, peralatan dapur, peralatan sekolah dan lain sebagainya.

  • Niat Sedekah Hanya Mengharap ridho Allah

Niatkanlah menyantuni anak yatim hanya mengharap ridho Allah SWT dan dalam rangka menjalankan ajaran nabi Muhammad SAW. Barangsiapa menyedekahkan sebagian hartanya kepada anak yatim hanya untuk Allah maka Allah berjanji akan memberikan surga di akhirat  dan dekat dengan Rasulullah SAW.

  • Memberi Sumbangan yang Baik

Selain niatnya yang baik, bentuk sumbangan yang diberikan juga harus layak dan aman dipakai, dikonsumsi oleh anak panti asuhan. Jadi berikan sumbangan yang baik, layak, dan berkualitas. Jangan pernah memberikan sumbangan dengan cara yang kasar karena hal tersebut akan menyakiti hati anak yatim. Perlu diingat bahwa doa anak yatim yang tersakiti sangat ijabah disisi Allah.

  • Mengelus Kepala Anak yatim

Perintah menyantuni anak yatim dengan mengelus kepala anak yatim sudah dijelaskan di dalam hadist salah satunya terdapat dalam hadits Imam Ahmad dan Imam al-Thabrani dari Umamah Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mengusap kepala anak yatim semata-mata karena Allah, maka setiap rambut yang ia usap memperoleh satu kebaikan”. Karena itulah santuni anak yatim dengan baik dan perlakukanlah anak yatim dengan baik.

Tips Memilih Panti Asuhan yang Tepat

Meskipun semua panti asuhan pasti perlu mendapatkan bantuan dari masyarakat, namun ada beberapa yang memang benar-benar membutuhkan. Tips memilih panti asuhan yang tepat adalah:

  • Pilih lembaga yang Menyediakan Penggalang Dana

Lembaga yang menyediakan penggalang dana menandakan bahwa lembaga panti asuhan tersebut adalah lembaga yang sudah resmi dan terpercaya. Dengan menggalang dana artinya lembaga tersebut memang sedang membutuhkan dana dan Anda tidak perlu ragu untuk memberikan sumbangan kepada lembaga tersebut.

  • Rekening harus Jelas

Jika Anda tidak bisa langsung ke lokasi panti asuhan maka silahkan untuk mencari informasi rekening yang jelas dan amanah. Ada beberapa panti asuhan yang menyediakan rekening pribadi dalam menghimpun dana, jadi Anda harus teliti sebelum memberikan bantuan kepada sebuah panti asuhan.

  • Pilih Platform Khusus Pengumpul Dana resmi

Cara selanjutnya adalah dengan memilih situs web khusus pengumpul dana resmi yang jauh dari penipuan. Cara ini perlu Anda lakukan dan perhatikan sebelum benar-benar memberikan dana kepada sebuah panti asuhan. Banyak orang yang memanfaatkan platform khusus pengumpul dana resmi karena tidak bisa memberikan bantuan secara langsung. Salah satu platform tersebut adalah Hari Anak Yatim yang merupakan anak dari lembaga Yayasan Mitra Yatim Bandung. Kami akan salurkan bantuan dari anda kepada yang benar-benar membutuhkan.

  • Lembaga yang jelas

Untuk mendapatkan lembaga panti asuhan yang jelas, silahkan untuk mencari informasi terlebih dahulu baik dari orang terdekat, dari internet, atau dari orang lain yang sudah berpengalaman. Banyak sekali penipuan yang mengatas-namakan sebuah lembaga panti asuhan, sehingga lebih berhati-hati dalam memberikan bantuan.

Itulah beberapa informasi tentang anak yatim pada kesempatan kali ini. Serta film tentang anak yatim piatu yang bisa kita ambil hikmahnya. Kesimpulannya adalah semua hal yang berhubungan dengan anak yatim pasti memiliki fadhilah disisi Allah, namun di zaman seperti sekarang ini kita juga perlu berhati-hati dalam membantu agar tidak salah pilih. Semoga informasi diatas bermanfaat!

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *