Donasi Online Ke Pondok Pesantren Bisa Lewat Hari Anak Yatim

Donasi Online ke pondok pesantren bisa lewat Hari Anak Yatim. Sahabat, Sedekah yang kita keluarkan merupakan sebuah ibadah yang Allah sangat cintai. Dan kita mengharapkan sedekah tersebut akan terus mengalir pahala meskipun kita sudah meninggal. Namun apakah kita mengetahui bagaimana caranya? Sahabat, maka kita pergunakan kesempatan ini dengan Sedekah di Pondok Pesantren yang dikelola oleh Yayasan Mitra Yatim dalam gerakan Hari Anak Yatim.

Sahabat, sungguh di antara nikmat yang Allah berikan kepada hambaNya yakni menyediakan pintu-pintu kebaikan yang sangat banyak bagi mereka. Pintu-pintu tersebut Allah berikan kepada hamba-hambaNya yang memang mau mendapatkan pahala yang terus mengalir kepada si pelaku ketika ia telah meninggal dunia.

Sebab ketika seseorang meninggal dunia maka terputuslah semua amalanya, akan tetapi ada amalan yang terus mengalirkan pahalanya. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika manusia mati, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara : Sedekah Jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan Anak yang shalih yang selalu mendoakan orang tuanya” (HR. Muslim).

Sahabat, sebab orang yang sudah meninggal dunia, mereka tidak lagi bisa melakukan amalan, melainkan mereka akan di minta pertanggung jawaban dan akan di beri balasan terhadap perbuatan mereka dunia. Maka berbahagialah orang-orang yang mau bersedekah jariyah sebab mereka akan mendapatkan kebaikan dan pahalanya akan terus mengalir.

‌KEUTAMAAN BERSEDEKAH UNTUK PONDOK PESANTREN

Sahabat, diantara keutamaan bersedekah jariyah untuk pondok pesantren yaitu:

  • Pahala Bersedekah Jariyah
  • Membantu Mencetak Generasi Islami
  • Mewariskan Ilmu yang bermanfaat dengan 
  • Mendukung sarana pembangunan Ponpes

BANTU KEBUTUHAN SEHARI-HARI PONDOK PESANTREN

Dari tahun ke tahun, jumlah santri yang masuk pondok pesantren selalu bertambah. Kebutuhan dan perlengkapan yang dibutuhkan tentu harus seimbang dengan jumlah santri di dalamnya. 

Sahabat, tentu kita sadar bahwa setiap pondok pesantren belum tentu mampu memenuhi kebutuhan dan perlengkapan para santri secara lengkap. Bahkan masih banyak pondok-pondok di luar sana yang sangat terbatas dalam segi keuangannya. Sehingga perlengkapan dalam pondok pun juga terbatas dan minim. Bayangkan betapa terbatasnya akses para santri dalam belajar karena perlengkapan yang tersedia juga terbatas.

Dalam kesempatan ini, harianakyatim.com mengajak para sahabat berbagi untuk ikut membantu para santri penghafal Al-Quran dengan memenuhi perlengkapan dan kebutuhan pondok pesantren melalui program donasi online untuk Pondok Pesantren di Bandung yang dikelola oleh Yayasan Mitra Yatim.

“Barangsiapa yang membantu perlengkapan orang yang berjihad di jalan Allah maka sungguh dia juga telah ikut berjihad, dan barangsiapa yang membantu keluarga seorang yang berjihad di jalan Allah dengan suatu kebaikan maka dia juga telah ikut berjihad.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu’anhu].

Ingatkah sahabatku ! Ada 3 hal yang dibawa mati

Pertama, Sedekah Jariyah yakni amalan atau pemberian yang tak terputus manfaat dan pahalanya walau pemberi sudah meninggal dunia. Salah satunya adalah membantu para santri yang sedang berjuang di Pesantren dalam menghafalkan, memahami, mengamalkan serta menjaga keagungan Al-Qur’an.

Kedua, ilmu yang bermanfaat merupakan ilmu-ilmu yang kita amalkan dan ilmu yang dibagikan kepada banyak orang sehingga orang lain pun ikut termotivasi dalam mengamalkannya.

Ketiga, doa anak sholeh kepada orang tuanya. Santri adalah anak-anak kita semua, generasi Qur’an masa depan yang akan mendoakan orang tuanya, orang tua yang mendidik, orang tua yang membantu, orang tua yang mensupport terutama orang tua yang membantu perjalanan meraih kesuksesan mereka dalam menghafal Al-Qur’an.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

KEBUTUHAN PARA SANTRI DI PONDOK PESANTREN

Apa yang harus di bantu ? Adapun kebutuhan para santri mulai dari :

  1. Makan 3x Sehari 
  2. Media Belajar Mengaji
  3. Fasilitas-fasilitas lainnya 

Yuk bantu kebutuhan para santri, anda bisa membahagiakan para santri loh dengan berbagi! Semoga dilancarkan segala urusan sahabat semua. Aamiin

InsyaAllah, program ini akan sangat berguna bagi pondok pesantren yang membutuhkan dan kurang dari segi perlengkapannya. Mari kita bantu mewujudkan program ini demi terselenggaranya pembelajaran yang lebih layak kepada para santri penghafal Al-Quran di seluruh pondok pesantren yang ada di tanah air.

“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia…” Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu’ran (orang yang membaca atau menghafal Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad).

Sahabat, maukah kalian turut membantu mewujudkan generasi baru yang Qur’ani? Mari bersama kita ciptakan generasi masa depan penerus bangsa yang baik dan taat terhadap tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan berdonasi online di Hari Anak Yatim.

(Hafshah Rahmadita)

 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *