Donasi Buku Panti Asuhan
|

Donasi Buku Panti Asuhan Akan Sangat Membantu Sesama

Donasi Buku Panti Asuhan. Buku adalah jendela dunia, begitu lah kata pepatah yang harus direnungi agar kita mau membaca buku sebanyak mungkin. Buku berhak dibaca oleh siapapun dan dari kalangan apapun terutama anak-anak. Semua anak membutuhkan buku untuk menambah pengetahuan, begitu pula dengan anak yatim piatu yang ada di panti asuhan. Oleh karena itu, banyak sekali masyarakat yang sadar dan mulai berdonasi buku yang ditujukan untuk anak panti asuhan agar berpengetahuan luas dan pandai.

Donasi Untuk Panti Asuhan

Berbagai jenis buku yang cocok untuk Anda donasikan diantaranya adalah buku cerita, novel Islami, komik pendidikan, buku pelajaran, dan masih banyak lagi. Seperti yang kita tahu, anak-anak yang hidup di panti asuhan sangat jarang mendapatkan buku sebagaimana anak-anak normal pada umumnya. Oleh karena itu donasi buku panti asuhan dinilai sangat penting dilakukan agar semua anak bisa merasakan sebagaimana anak pada umumnya. 

Cara Donasi Ke Panti Asuhan 

Banyak orang yang ingin melakukan donasi kepada sebuah panti asuhan namun belum mengetahui sistem nya karena sebelumnya belum berpengalaman atau yang lainnya. Nah, berikut terdapat beberapa cara yang bisa Anda praktekkan apabila ingin donasi buku pada sebuah panti agar lebih resmi dan tidak ilegal. Diantaranya:

  • Pilih Panti Asuhan di daerah rumah Anda

Cara pertama adalah memilih panti asuhan yang letaknya di daerah rumah Anda saja. Dengan membantu memberikan donasi baik berupa kebutuhan primer maupun sekunder Anda sudah bermanfaat untuk masyarakat luas dan tidak perlu jauh-jauh dalam memberikan donasi.

  • Memilih Panti Asuhan yang terpercaya

Tentang anak yatim dan dhuafa, Anda tidak boleh salah pilih dalam memberikan donasi. Ada juga pihak yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan nama panti asuhan untuk mendapatkan keuntungan secara pribadi, oleh karena itu pilih panti asuhan yang terpercaya dan mendapatkan surat izin operasi. Dengan demikian bantuan yang Anda berikan tidak akan salah sasaran.

  • Mengajak orang lain untuk berdonasi

Banyak sekali orang yang sebenarnya ingin berbuat baik dengan mendonasikan beberapa barang yang sudah tidak dipakai namun masih belum tau caranya. Jadi, lebih baik Anda berdonasi dengan cara mengajak sesama. Selain menambah jumlah donasi, Anda juga membantu orang-orang yang bingung caranya berdonasi. 

Cukup mudah kan cara donasi ke panti asuhan? Lalu buku apa saja yang di rekomendasikan untuk di donasikan kepada anak yang tinggal di panti asuhan? Karena anak-anak yang tinggal di sana umurnya tidak lebih dari 17 tahun maka buku khusus untuk anak-anak adalah pilihan terbaik. Selain memberikan donasi buku, Anda juga bisa memberikan barang lain yang pasti dibutuhkan oleh panti asuhan. Diantaranya:

Barang Kebutuhan di Panti

  • Donasi Buku Anak

Buku yang tepat untuk didonasikan kepada panti asuhan adalah buku anak seperti yang dijelaskan diatas. Anda bisa mengumpulkan berbagai buku anak dari banyak tempat sehingga tidak merasa terbebani untuk mendonasikan buku anak.

  • Uang 

Meskipun banyak buku anak yang di donasikan, namun berdonasi uang juga sangat kami rekomendasikan agar bisa digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan. Anda bisa memberikan uang kepada pemilik yayasan panti asuhan agar digunakan sebaik mungkin.

  • Kebutuhan primer dan sekunder

Selain buku dan uang, Anda juga bisa menambahkan memberikan kebutuhan primer dan sekunder seperti bahan makanan, minuman, pakaian, dan lain sebagainya. Bisa dipastikan semua donasi akan bermanfaat untuk keberlangsungan hidup di panti asuhan.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *