Contoh Undangan Santunan Anak Yatim Piatu

Contoh Undangan Santunan Anak Yatim Piatu

Contoh Undangan Santunan Anak Yatim Piatu. Di zaman seperti sekarang ini umat muslim yang ada di Indonesia bahkan di dunia memang semakin banyak. Namun, sudahkah kita semua menyantuni anak yatim? perlu diingat kembali bahwa menyantuni anak yatim adalah salah satu perintah sekaligus ajaran Rasulullah SAW. Terdapat beberapa keutamaan bagi orang muslim yang suka menyantuni anak yatim dan anak yatim yang disantuni. Jadi yang mendapatkan fadhilah bukan hanya anak yatim saja, namun semuanya akan dibalas oleh Allah dengan beribu kebaikan. Fadhilah nya diantaranya:

  • Dekat dengan Rasulullah SAW

Meskipun bukan umat yang hidup di zaman nabi, tapi bagi siapapun yang mau menyantuni anak yatim di akhirat akan dekat dengan Rasulullah SAW sedekat jari tengah dengan jari telunjuk.

  • Bersih Pikiran dan Hati

Menyedekahkan sebagian harta kepada anak yatim termasuk perbuatan yang mensucikan harta setiap orang. Karena itulah, semakin sering bersedekah terhadap anak yatim semakin bersih pula pikiran dan hati seseorang. Sedekah terhadap anak yatim bisa menjadi obat sehat nya seseorang baik secara psikologis maupun secara spiritual.

Contoh Undangan Santunan Anak Yatim Piatu

Dalam menyantuni anak yatim, Anda bisa menyantuni dengan cara langsung datang ke sebuah panti asuhan, menyalurkan melalui donasi dan galang dana, atau bisa juga mengundang anak panti asuhan untuk datang ke tempat Anda dalam rangka mengadakan acara sekaligus santunan. Cara yang ketiga memang sering dilakukan terutama jika sedang mengadakan acara-acara. Namun, sebagian dari Anda pasti bingung membuat undangan nya bukan?

Agar tidak bingung lagi, berikut adalah susunan undangan santunan anak yatim yang sesuai dengan standar dan bisa Anda coba untuk membuat sendiri dengan kalimat sesuai keinginan Anda. Beberapa susunan yang wajib ditulis ketika membuat undangan santunan anak yatim diantaranya adalah:

  1. Menulis hal atau tujuan terlebih dahulu di pojok kanan, sebagai contoh: (Hal : Undangan dan ajakan untuk santunan Anak Yatim Piatu). Kalimat ini wajib ditulis di bagian atas sebagaimana undangan pada umumnya.
  2. Kedua, jangan lupa untuk menunjukkan undangan kepada seseorang dengan memberikan kalimat “kepada yang terhormat: Bapak/Ibu/Saudara”. Kegunaan bagian ini adalah untuk menuliskan nama seseorang yang akan diberi undangan.
  3. Ketiga, menuliskan salam pembuka sekaligus kalimat pembuka
  4. Keempat, sampaikan maksud dari undangan tersebut apa, acara yang dimaksud diadakan dimana, pukul berapa, dan dilaksanakan pada tanggal berapa. Segala hal tentang acara wajib disertakan secara lengkap agar tidak membuat bingung tamu undangan.
  5. Selanjutnya adalah menuliskan kalimat penutup dan salam penutup. Semua urutan membuat surat undangan di atas harus ditulis sesuai dengan urutan dan jangan sampai ada yang dihilangkan.

Membuat surat undangan santunan anak yatim piatu harus diberikan secara resmi sekaligus sopan agar pihak yayasan tidak ragu untuk mengantarkan anak panti asuhan datang ke acara Anda. Mengundang dengan sopan juga termasuk ajaran Rasulullah yang wajib untuk kita teladani.

Surat al-Quran Untuk Santunan Anak Yatim

Tahukah Anda surat apa di dalam al-Qur’an yang membahas mengenai anak yatim? Tidak hanya satu atau dua ayat saja yang menjelaskan mengenai santunan terhadap anak yatim, hal ini menandakan bahwa anjuran menyantuni anak yatim adalah perbuatan yang sangat ditekankan, dan barang siapa yang menjalankannya akan diganjar dengan balasan yang baik disisi Allah. Agar lebih mantap lagi, berikut adalah surat al-Qur’an yang menjelaskan tentang perintah santunan anak yatim.

  • QS. Al-Baqarah : 220

Ayat al-Qur’an pertama yang menganjurkan tentang santunan anak yatim terdapat di surat al-Baqarah :220 yang artinya: “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah memperbaiki keadaan mereka adalah baik”.

  • QS. Al-Fajr :16-17

Selanjutnya adalah Surat Al-Fajr yang membahas mengenai rezeki seseorang yang tidak menyantuni anak yatim, yang artinya: Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata: “Tuhanku menghinakanku”. Sekali-kali tidak, sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim”. 

  • QS. Al-Ma’un : 1-2

Ayat ini menjelaskan tentang balasan orang yang suka menghardik anak yatim. Allah sangat tidak suka dengan orang yang suka menghardik anak yatim sebagaimana firman Allah yang berbunyi: “Tahukah kamu orang yang mendustakan agama? Maka itulah orang yang menghardik anak yatim.”

Ajakan Santunan Anak Yatim

Dari beberapa ayat dan hadist yang membahas mengenai anak yatim, maka kita sebagai seorang muslim hendaknya menjalankan perintah Allah tersebut. Anak yatim piatu mengharuskan hidupnya sebatang kara sejak dini, tidak mendapat kasih sayang dari orang tua sebagaimana anak yang lain, dan nasibnya juga tidak seberuntung anak yang lain. Karena itulah kita harus mengajak sesama saudara untuk memberikan santunan kepada anak yatim dengan cara:

  • Membuka Galang Dana untuk Anak Yatim di Sekitar

Anda bisa mengajak saudara atau kerabat untuk bersama-sama memberikan santunan kepada anak yatim. Latihannya adalah dengan menyantuni anak yatim di daerah sekitar Anda, namun jika hasil galang dana cukup banyak Anda bisa memberikan ke panti asuhan yang paling membutuhkan dengan memanfaatkan aplikasi.

  • Memberikan Donasi Berupa Barang

Selain memberikan uang Anda bisa mengajak orang lain untuk bersama-sama memberikan barang seperti pakaian bekas yang masih layak, bahan makanan pokok, dan barang lainnya yang dibutuhkan anak yatim.

  • Memberikan Beasiswa untuk Pendidikan Anak Yatim

Selain memberikan bantuan secara finansial Anda bisa juga memberikan beasiswa untuk pendidikan anak yatim. Caranya adalah dengan mengurus berkas agar anak-anak mendapatkan beasiswa, dan bisa juga dengan cara yang lain.

  • Memberikan Kasih Sayang yang Tulus

Cara yang terakhir adalah dengan memberikan kasih sayang yang tulus dengan cara memperhatikan anak yatim dan menyantuni mereka dengan cara yang baik. Terdapat salah satu cara yang menggambarkan seseorang memberikan kasih sayang yang tulus kepada anak yatim piatu yaitu dengan mengusap kepalanya dan membacakan doa. Sebagaimana Hadits riwayat dari Abu Hurairah, bahwa ada seorang laki-laki yang mengadukan kekerasan hatinya kepada Rasulullah SAW, maka beliau bersabda: “Usaplah kepala anak yatim dan berilah makan orang miskin”.

Contoh Undangan Santunan Anak Yatim Di Bulan Muharram

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyantuni serta mengundang anak yatim piatu dengan cara yang baik. selain itu, dalam setiap tahun terdapat beberapa agenda yang sangat tepat digunakan sebagai moment memberi santunan kepada anak yatim, beberapa bulan yang tepat untuk memberikan santunan diantaranya adalah:

  • Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan suci yang didalamnya penuh dengan keberkahan. Siapapun yang berbuat baik di bulan Ramadhan pasti akan mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT.

  • Bulan Muharram

Bisa dikatakan bulan Muharram tepatnya tanggal 10 Muharram adalah lebaran bagi anak yatim. Tanggal 10 Muharram adalah hari istimewa yang mensunnahkan setiap orang untuk memberikan santunan kepada anak yatim.

Jika Anda ingin memberikan undangan santunan di moment tertentu seperti bulan Muharram dan bulan Ramadhan, silahkan untuk membuat undangan sesuai dengan format yang telah kami bagikan diatas. Semoga bermanfaat!

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *