cara menyisihkan uang untuk sedekah

Cara Menyisihkan Uang Untuk Sedekah

Siapa bilang gaji pas-pasan tidak bisa memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan? Malah sebetulnya dengan melakukan sedekah membuat rezeki semakin lancar. Maka dari itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara menyisihkan uang untuk sedekah.

Bisa juga Anda melakukan pengisian tersebut dengan perhitungan seperti zakat yaitu 2,5%. Di mana nantinya Anda harus melakukan perhitungan dari gaji bulanan dikali 2,5%. Agar lebih jelas lagi, inilah beberapa hal yang perlu diketahui.

Persentase Penghasilan Untuk Sedekah

Sebetulnya masalah persentase dalam memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan bukan hal yang bisa digunakan sebagai patokan. Karena yang paling penting niat dalam memberikan bantuan adalah ikhlas punya niat di jalan Allah, kemudian tidak mengharapkan imbalan apapun. Hal seperti ini patut untuk di pahami oleh semua orang terlebih bagi umat muslim.

Manfaat Sedekah Bagi Muslim

  • Menghapus Dosa

Manfaat ketika melakukan sedekah di dalam Islam adalah mampu menghapus dosa. Sebagai manusia pastinya tidak akan pernah luput melakukan kesalahan kesalahan sehingga dosa menumpuk. Maka agama Islam pun senantiasa selalu memberikan sebuah jalan agar bisa membuat semua orang menghapus dosa-dosa tersebut.

Caranya adalah dengan melakukan sedekah karena menjadi suatu ibadah istimewa yang pastinya memudahkan setiap umat Islam. Bahkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sendiri pernah berkata jika sedekah itu hampir sama dengan air yang mampu memadamkan api. Dimana itu merupakan perumpamaan penghapusan dosa dari sedekah.

  • Menyembuhkan Penyakit

Rasulullah SAW bersabda apabila manfaat dalam bersedekah itu mampu menghadang datangnya suatu bencana. Yang membentengi harta dengan melakukan zakat maupun sedekah.

Sedangkan sedekah dalam Islam tersebut, adalah salah satu kegiatan positif yang pada akhirnya membuat kondisi mental membaik sebab merasa bahagia dan senang. Kondisi dari tubuh pun jauh lebih kuat dikarenakan sistem imun meningkat.

  • Memberi Naungan di Hari Kiamat

Telah diriwayatkan dalam hadits riwayat Ahmad, Rasulullah sendiri sudah bersabda mengenai manfaat dari sedekah di dalam agama Islam. Kenangan bagi seorang muslim ketika hari kiamat merupakan sedekah yang sudah dilakukan.

  • Menciptakan Kebahagiaan

Rupanya manfaat dari memberikan sedekat ini telah diteliti di dalam suatu universitas terkenal yaitu University of Oregon. Mereka telah menemukan apabila setiap orang yang bisa membantu orang lain akan merasa bahagia karena otak dapat melepaskan hormon dopamin dan endorfin.

Penelitian yang berasal dari Jerman telah menemukan apabila sedekah tersebut mampu menciptakan rasa puas dan juga bangga terhadap diri sendiri. Dimana telah mampu melakukan hal-hal baik dan juga sangat berguna untuk orang yang lebih membutuhkan.

Cara Bersedekah Kepada Anak Yatim

  • Lakukan Dengan Ikhlas Karena Allah SWT

Sedekahkan sebagian harta yang dimiliki menjadi salah satu cara agar dapat menyucikan diri. Itulah sebabnya, setiap umat Islam harus mengetahui bagaimana cara menyisihkan uang untuk sedekah agar uang tidak habis banyak untuk berbelanja barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Jangan sampai sedekah yang dilakukan punya niat agar bisa dilihat oleh orang lain dan ingin dipuji. Pastikan jika semua niat itu hanya ditujukan kepada Allah ta’ala.

  • Memberikan Sedekah Sembari Tersenyum

Mungkin untuk sebagian orang, dalam melakukan sedekah dapat mengakibatkan rasa bahagia dan juga ketenangan diri dan hati. Tapi alangkah baiknya ketika memberikan sedekah kepada anak yatim sambil tersenyum dan tampilkan wajah berseri.

Ketika melakukan cara seperti demikian, maka Allah subhanahu wa ta’ala akan jauh lebih meridhoi seorang hambanya ketika melakukan sedekah

  • Berhati-hati Akan Sesuatu Hal Yang Bisa Membatalkan Sedekah

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang sangat suka menyebarkan kebaikan dengan melakukan sedekah? Terdapat satu hal yang sangat penting untuk diterapkan ketika bersedekah yaitu tidak boleh memiliki niat pamer.

Pastikan untuk selalu berhati-hati dari sesuatu hal yang bisa membatalkan sedekah tersebut. Misalnya saja dengan menyebut pemberian ataupun sampai menyakiti hati si penerima.

Allah sendiri sudah berfirman dalam surat al-baqarah ayat 262, bagi orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah tapi tidak diiringi dengan hal baik dan juga menyebut-nyebut pemberian tersebut bahkan sampai menyakiti hati si penerima. Maka tidak akan bisa memperoleh pahala.

  • Memastikan Berasal Dari Harta Yang Halal Dan Baik 

Pada hakikatnya, sedekah ini merupakan salah satu sarana dari seseorang agar bisa meraih Ridha Allah subhanahu wa ta’ala. Agar bisa mendapatkan jaminan dari harta yang disedekahkan bisa diganti dengan keberkahan oleh Allah. Maka alangkah baiknya sebagian harta tersebut merupakan yang dicari dengan cara halal.

Praktek menyedekahkan suatu barang tidak halal. Baik itu memiliki sifat ataupun cara ketika memperolehnya maka sangat tidak layak diberikan kepada orang lain. Sebab Allah sendiri juga tidak akan menerima kecuali yang baik.

Ini pun juga sudah ada pada firman Allah di surat Al Baqarah ayat 267:

“ Wahai orang yang beriman, sedekahkanlah hartamu yang berasal dari bumi di jalan Allah SWT. Kemudian jangan pernah mengeluarkan nafkah buruk kepada orang lain. Sedangkan kamu sendiri tidak akan mau mengambilnya melainkan dengan cara memicingkan mata terhadapnya. Maka ketahuilah, jika Allah adalah dzat maha kaya dan juga maha terpuji. “

  • Tidak Menampakkan Sedekah Yang Hendak Dilakukan

Bagi seluruh umat muslim tentunya akan ada banyak sekali cara dalam bersedekah. Tapi ada hal yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah jangan pernah menganggap sedekah itu hanya sebatas Allah yang bisa mengetahuinya.

Tetapi alangkah lebih baik jika hal tersebut bisa dirahasiakan dan tidak dilakukan secara terang-terangan agar dilihat oleh banyak orang. Ini pun juga sudah ada pada surat Al Baqarah ayat 271, yakni:

“Apabila kamu menampakan sedekah yang dilakukan, maka itu bukan suatu hal yang baik. Tapi ketika kamu menyembunyikannya maka hal itu akan jauh lebih baik dimata Allah. Kemudian Allah SWT akan menghapuskan dari kamu segala kesalahan-kesalahan yang sudah dilakukan. “

Santunan Anak Yatim

  • Maksud Santunan Pada Anak Yatim

Mengenai santunan anak yatim bisa diberikan dalam bentuk bendawi ataupun nonbendawi. Sedejah dalam bentuk bendawi artinya memiliki sifat material seperti halnya harta. Jika santunan yang diberikan adalah nonbendawi, maksudnya ialah sesuatu hal yang telah diberikan dalam bentuk psikologis maupun sosiologis.

Dimulai dari memberikan suatu pendidikan dukungan moral dan juga kasih sayang. Intinya memberikan santunan kepada anak yatim ini tidak akan terlepas dari keutamaan dalam memberikan ataupun selalu memperhatikan seluruh keperluan hidup mereka. Dimulai dari makan, minum, pakaiannya, proses pengasuhan dan juga ajaran agama.

Apabila si anak yatim tersebut mempunyai harta warisan, maka harta warisan tersebut harus dipergunakan dengan tujuan menunjang kemaslahatan anak tersebut. Jika sudah dewasa tentu harta itu merupakan haknya dan wajib diberikan.

Nah, Itulah sekilas informasi mengenai bagaimana cara menyisihkan uang untuk sedekah dan berbagai macam keutamaannya bagi kehidupan.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *