Cara Menyemangati Anak Broken Home

Cara Menyemangati Anak Broken Home

Ketika memiliki seorang teman yang merupakan korban perceraian, Anda disarankan untuk lebih berhati-hati saat berbicara kepadanya. Lebih baik mengetahui bagaimana cara menyemangati anak broken home. Dimana hal tersebut akan jauh lebih berguna agar nantinya mereka masih punya rasa semangat ketika menjalani kehidupan.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar nantinya bisa menjadi cara untuk menghibur mereka.

Kata Kata Menghibur Anak Broken Home

  • Berikan Pengertian Jika Masih Punya Orang Tua Lengkap Meskipun Telah Berpisah

Memang betul jika memiliki keluarga tidak utuh bukalah keinginan mereka. Kemudian pada akhirnya mereka pun berniat untuk mengakhiri hidup. Anda di luar sana yang mengalami hal seperti ini, pastikan untuk tetap semangat dan jangan pernah menyerah.

Karena pada hakikatnya Anda masih memiliki kedua orang tua lengkap meskipun tidak bisa tinggal satu rumah lagi. Karena pastinya cinta mereka sebagai orang tua kepada Anda yang merupakan anak tidak akan pernah berkurang sama sekali.

  • Anda Masih Berhak Untuk Bahagia

Mungkin setelah perceraian yang dialami oleh orang tua, hari-hari yang dilalui oleh anak diwarnai dengan air mata. Pastinya akan ada rasa marah, sedih maupun kecewa di mana semua perasaan itu bercampur menjadi satu.

Menangis ataupun bersedih memang suatu hal yang wajar ketika menghadapi situasi seperti ini. Tapi perlu untuk ditekankan kembali Jika kalian ini merupakan anak yang berhak untuk bahagia. Selalu tersenyum karena akan masih ada hari hari panjang ke depannya. Disarankan untuk melakukan hal-hal positif untuk bisa mendapatkan kebahagiaan.

  • Harus Kuat Demi Orang-orang Tersayang

Cara menyemangati anak broken home selanjutnya adalah dengan memberikan motivasi. Dimana akan ada orang lain yang masih menyayangi mereka. Sehingga tetap kuat adalah salah satu jalan agar bisa menjalani hidup yang jauh lebih baik.

Jika punya saudara lain tentu masih punya kewajiban untuk menjaga mereka. Selalu kuat dan juga tegar untuk saudara dan orang-orang yang dicintai, akan jauh lebih baik jika dibandingkan selalu terpuruk dengan kondisi keluarga yang sudah tidak utuh lagi. Terlebih lagi, jika Anda merupakan anak tertua. Anda pun juga harus memikirkan bagaimana perasaan saudara agar tidak terlalu dalam kesedihan.

  • Jangan Terus Larut Dalam Kesedihan

Kemungkinan anak akan menangis semalaman tanpa ingin mendengar penjelasan apa pun yang ingin diberikan oleh orang tua. Memang hal seperti ini cukup lumrah dilakukan karena sudah tidak punya gairah lagi ataupun semangat ketika menghadapi hari-hari.

Namun perlu untuk diketahui berlarut-larut dalam kesedihan bukan menjadi hal yang bagus. Terlebih lagi jika sampai melupakan hal penting seperti sekolah, tidak pernah makan bahkan juga tidak melakukan hal-hal lain. Karena pastinya ini bisa memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. Karena tentunya ketika sampai jatuh sakit semua orang pun akan merasa kesusahan.

Apa Yang Dibutuhkan Anak Broken Home

Bagi para orang tua yang memutuskan bercerai karena sudah tidak ada kecocokan lagi dengan pasangan maka harus mengetahui apa saja hal-hal yang dibutuhkan oleh anak. Agar nantinya Ia pun tidak merasa ditinggalkan oleh kedua orang tuanya. Berikut merupakan penjelasannya:

  • Beri Pengertian dan Penjelasan¬† Logis Namun Sederhana

Pastikan untuk mencoba memberikan suatu penjelasan atau pengertian yang logis dengan memakai bahasa yang mudah untuk dimengerti oleh anak. Karena apabila orang tua tidak bisa terbuka kepada anak, mereka pun akan beranggapan jika perpisahan di antara orang tuanya diakibatkan oleh dirinya.

  • Selalu Menjaga Kedekatan dengan Anak

Kemudian para orang tua pun juga harus selalu menjaga kedekatan dengan anak. Sebab anak akan merasakan jika tempat yang paling aman untuk dia berlindung dan paling diandalkan adalah orang tuanya. Biasanya ketika situasi seperti ini terjadi maka anak pun sangat rentan merasa tidak aman bahkan sering cemas dan takut.

Itulah alasan kenapa sangat penting terus-menerus menjaga kedekatan dengan anak. Contohnya selalu menanyakan bagaimana Aktivitas keseharian di sekolah. Dan lebih baik juga selalu mendampingi atau pun mengajak ngobrol mereka.

  • Jadi Cerminan yang Positif

Meskipun perceraian seperti ini mungkin adalah hal paling berat bagi kedua orang tua. Namun cobalah untuk selalu positif ketika berada di hadapan anak. Sebab sikap orang tua ketika mengatasi keadaan tersebut juga memberikan dampak yang cukup besar kepada anak.

  • Selalu Pantau Perilaku di Luar Rumah

Para anak broken home pasti kerap kali mengalami permasalahan sosial. Di mana hal itu memberikan suatu pengaruh ketika melakukan aktivitas seru lagi di dalam lingkungan sekolah. Maka dari itu, para orang tua pun juga harus memastikan bagaimana laporan yang diberikan para guru mengenai segala kegiatan yang telah dilakukan oleh mereka di sekolah.

Jeritan Hati Anak Broken Home

  • Lebih Sensitif

Anak yang berasal dari keluarga tidak utuh biasanya punya perasaan yang jauh lebih sensitif ketika menghadapi sesuatu ataupun menyangkut keluarganya. Hal ini dikarenakan, Dia sudah sangat sering melihat pertengkaran, teriakan bahkan kekerasan lain yang ada di dalam rumah.

Itulah mengapa hal seperti ini membuat broken home akan jauh lebih sensitif dibanding anak pada umumnya. Tapi mereka akan selalu terlihat kuat ketika di depan orang lain.

  • Merasa Kesepian

Seringkali merasa kesepian adalah salah satu jeritan hati yang seringkali dialami oleh anak broken home. Itulah mengapa kebanyakan mereka lebih suka ketika berada di luar rumah dibandingkan di dalam rumah.

Dengan cara mengulur waktu agar tidak cepat sampai di rumah merupakan salah satu jalan yang kerap kali mereka ambil. Karena kesepian akan selalu mendominasi hidup mereka jadi saat berada di luar rumah adalah waktu yang cukup menyenangkan untuk anak broken home.

  • Terlihat Rapuh

Anak-anak yang mengalami broken home memang selalu sering merasakan sakit atau pun terluka. Maka tak heran jika mereka pun juga akan lebih mudah menyayangi orang lain. Sebab mereka beranggapan jika jangan sampai orang lain pun merasakan apa yang sudah mereka alami.

Saat ada orang yang terluka maka anak program seperti ini bisa berempati bahkan paham bagaimana keadaan orang terdekat ketika mengalami suatu musibah. Bisa dikatakan mereka ini sangat rapuh perasaannya.

  • Penuh Cinta Kasih

Seorang anak yang tumbuh di dalam keluarga tidak harmonis maka lebih paham bagaimana perasaan ingin dicintai. Hal ini kerap kali diinginkan oleh anak-anak broken home Meskipun mereka sudah tumbuh dewasa sekalipun.

Walaupun tidak mendapatkan cinta yang sama tapi anak-anak seperti ini akan terus berusaha untuk memberikan cinta tulus. Terlebih lagi kepada mereka yang bisa memahaminya.

Nah, setelah Anda mengetahui bagaimana cara menyemangati anak broken home. Pastikanlah untuk bisa mendengar segala keluh kesahnya. Kemudian jangan pernah menganggap remeh cerita yang sudah mereka utarakan. Pastikan untuk selalu memberikan semangat kepada mereka

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *