Cara Menyayangi Anak Yatim

Cara Menyayangi Anak Yatim Inilah Kesepuluh Caranya

Cara Menyayangi Anak YatimRasullullah SAW sangat menganjurkan kita untuk menyayangi anak yatim selama hidup. Pasalnya mereka merupakan anak-anak yang tidak mempunyai orang tua lengkap dengan kehilangan ayahnya. Tentu dengan kehilangan ayah anak yatim ini harus tetap mendapatkan kasih sayang dari orang-orang sekitar. Apalagi jika anak yatim tersebut berasal dari keluarga yang kurang mampu, kita sebagai orang yang tentu sangat bagus ketika mau merawat dan menyantuninya.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menyantuni anak yatim? Hal ini penting sekali untuk kebanyakan orang ketahui. Pasalnya banyak orang yang sembarangan dalam menyantuni anak yatim. Apalagi dengan menyantuni anak yatim banyak sekali keistimewaannya seperti berkah dalam rezeki dan terhindarkan dari berbagai mara bahaya. Nah, untuk lebih jelasnya terkait 10 cara menyayangi anak yatim, simak ulasan berikut.

Bagaimana Bentuk Kasih Sayang yang Dapat Diterapkan Kepada Anak Yatim

Seringkali kita mendengar pertanyaan Bagaimana bentuk kasih sayang yang tepat untuk kita berikan kepada anak yatim. Cara pertama yang mungkin bisa kita lakukan yaitu dengan merawatnya di dalam keluarga dan rumah. Sekalipun kita memiliki keadaan rumah yang buruk kelihatannya, tidak akan menjadi masalah. Pasalnya jika anak yatim anda bawa ke rumah, maka keluarga tersebut akan selalu mendapat keberkahan. 

Dengan membawa anak yatim ke dalam rumah dan keluarga itu berarti kita akan mendorong anak tersebut dalam pendidikan serta mencukupi semua kebutuhannya. Hal ini termasuk perbuatan yang sangat terpuji dan bisa menjadikan pahala yang besar. Cara ini juga dapat meringankan beban dari anak yatim terutama dari keluarga yang tidak mampu. Sekalipun tidak membawa anak yatim di dalam rumah dan keluarga pastikan jika kita tetap memberikan kasih sayang dan memperhatikannya. 

Mengapa Kita Harus Menyayangi Anak Yatim

Kenapa kita harus merawat anak yatim? Rasulullah SAW sangat menganjurkan kita untuk selalu menyayangi anak yatim, karena mereka memiliki keistimewaan. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memberikan kasih sayang kepada anak yatim seperti halnya dengan mendampinginya dalam perihal pendidikan. 

Allah SWT juga menjanjikan akan memberikan balasan surga kepada orang-orang yang dengan ikhlas merawat anak yatim dan memenuhi kebutuhannya. Sebaliknya, jika kita sengaja menyakiti anak yatim maka neraka yang akan kita terima. Dengan 10 cara menyayangi anak yatim ini, semoga kita selalu diberikan rezeki lancar agar bisa menjamin hidup anak yatim.

Bagaimana Contoh Perilaku Mencintai dan Menyayangi Anak Yatim

Contoh perilaku lain untuk menyayangi anak yatim yaitu dengan memenuhi kebutuhan pokoknya. Adapun kebutuhan pokok itu seperti tempat tinggal, makanan dan minuman atau apapun yang bisa membuat anak yatim dapat bertahan hidup. Jika kebutuhan pokok tersebut tidak terpenuhi maka anak yatim tidak akan mempunyai kualitas hidup yang baik, sehingga perkembangannya terganggu. 

Sebenarnya banyak cara yang bisa anda lakukan untuk merawat kehidupan anak yatim seperti halnya dengan menyumbangkan berupa pakaian, sembako, uang tunai, atau menjamin kesehatannya. Apalagi saat ini banyak juga badan yang menerima bantuan untuk disalurkan kepada anak yatim seperti zakat fitrah, sedekah dan lainnya. 

Bentuk Kasih Sayang Kepada Anak Yatim

Bentuk kasih sayang kepada anak yatim yang lainnya yaitu dengan memastikan kebutuhan untuk menuntut ilmu terjamin. Apalagi jika anak yatim berasal dari keluarga yang tidak mampu, biasanya akan lebih memilih untuk putus sekolah karena tidak mempunyai biaya. Nah, jika Anda mempunyai rezeki lebih, selamatkan anak yatim tersebut dengan memberikan pendidikan yang layak, misalnya saja dengan menyekolahkan. 

Hadits Tentang Menyayangi Anak Yatim

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Saya dan orang yang menyantuni anak yatim nanti di surga ibarat “meerenggangkan jari telunjuk dan jari tengah”.

Selain 10 cara menyayangi anak yatim, ada cara lain dengan memberikan donasi kepada anak yatim melalui yayasan. Nah, di yayasan ini donasi yang diberikan akan lebih terjamin dan terpercaya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *