Cara Mengatasi Anak Terlantar

Cara Mengatasi Anak Terlantar Menjadi PR dan Tanggung Jawab Bersama

Cara mengatasi anak terlantar jadi concern utama dalam masalah yang ada di tanah air. Pasalnya hampir setiap daerah terdapat anak jalanan yang terlantar atau bahkan kabur dari rumah, dengan faktor yang beragam.

Hal seperti ini bahkan membuat orang yang melihatnya sekilas sekalipun akan terasa miris. Kondisi dan kesehatan yang anak-anak tersebut alami jelas perlu dapatkan perhatian.

Faktanya setiap kota besar akan lebih tinggi resiko hal seperti ini terjadi. Karena faktor kemiskinan dan tidak sanggup membiayai dari pihak keluarga.

Bahkan beberapa faktor lainnya yang menjadi pemicunya. Maka dari itu untuk Anda yang memiliki kesadaran akan hal ini kami akan membahasnya lebih jauh.

Cara Mengatasi Anak Terlantar Berikut Ini

Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi solusi untuk pemecahan kasus ini. Jadi simak saja langsung berikut ini khusus untuk Anda.

Masalah Anak Terlantar

Persoalan mengenai hal ini sudah menjadi keresahan dan kekhawatiran dari berbagai pihak. Pasalnya tidak hanya membuat ketidakadilan yang termasuk dalam hak asasi manusia.

Anak memiliki hak untuk tempat bernaung, pendidikan formal dan jua perlindungan dari bawah umur legalnya. Bahkan masalah ini hingga kini dan menjadi persoalan yang justru memiliki kasus yang kian bertambah secara berkala.

Program Pemerintah Untuk Anak Terlantar

Jika kita melihat kembali mengenai Program Kesejahteraan Sosial Anak atau PKSA yang menjadi program pemerintah. Hal ini jelas memberikan solusi untuk keseluruhan persoalan yang satu ini.

Cara mengatasi anak terlantar dari program ini mulai dari pemenuhan hak dasar anak. Juga terdapat perlindungan dari penelantaran, terjadinya eksploitasi dan diskriminasi terkait dengan tumbuh kembangnya. Selanjutnya untuk kelangsungan hidup dan hak partisipasi anak untuk diwujudkan.

Cara Mengatasi Anak Jalanan

Nah, salah satu yang sering kita lihat anak terlantar menjadi menggelandang ke jalanan. Masalah sosial ini bisa berasal dari banyak faktor. Maka perbaikan kualitas rumah tangga dan kemiskinan tanah air salah satu solusinya.

Pemberian bimbingan dan rumah bernaung untuk hak mereka. Pemerintah memiliki kewajiban seperti yang dijelaskan dalam program yang sudah kita bahas sebelumnya.

Penyebab Anak Terlantar

Cara mengatasi anak terlantar berhubungan dengan faktor yang menjadi penyebab banyaknya kasus yang satu ini. Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan faktor intern dan ekstern.

Biasanya anak akan memiliki tekanan dari dalam diri atau luar. Keluarga menjadi pengaruh pertama dan jadi dasar keluarnya anak dari rumah.

Biasanya kasus seperti ini akibat dari tekanan ekonomi atau mental yang ada dalam keluarga. Kesehatan rumah tangga menjadi hal yang perlu diperhatikan dan bias menjadi salah satu faktornya. Selain itu bisa juga berasal dari pengaruh lingkungan atau pergaulan anak tersebut.

Cara Mengatasi Anak Punk

Selain menjadi anak jalanan biasanya kita sering melihat anak punk yang berada di pinggir jalan atau lampu merah. Mereka menamai komunitasnya sebagai punk yang memiliki prinsip tertentu dan melarikan diri dari keluarga mereka.

Maka solusi hal ini adalah pengarahan dan bimbingan secara halus. Tidak dengan memaksa dan membuat mereka bertekuk patuh, karena anak seperti ini memiliki keadaan mental juga prinsip yang keras.

Maka menyentuh dari personal akan membuat mereka bergerak dan tidak melakukan aktivitas kriminal. Biasanya mereka akan mudah untuk digerakkan ketika kita berlaku baik pula.

Cara mengatasi anak terlantar yang kita bahas tersebut menjadi tanggung jawab bersama tidak hanya pemerintah. Misalnya dari kita yang bisa membangun kualitas lingkup keluarga dan pertemanan anak yang positif dan sehat. Agar faktor yang membuat anak kabur dari rumah minimal. Berbagai informasi lengkap mengenai anak yatim serta anak terlantar, bisa kunjungi website Hari Anak Yatim.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *