cara mengadopsi anak di panti asuhan

Cara Mengadopsi Anak Di Panti Asuhan

Di dalam agama Islam, memelihara anak yatim memang dianjurkan untuk orang yang mampu dalam segi harta. Karena anak yatim piatu pastinya tidak memperoleh kasih sayang dari orang tua mereka. Bahkan, Rasulullah SAW pun bersabda jika siapapun yang memasukkan anak yatim piatu ke dalam keluarga akan dijamin masuk surga. Bahkan tak heran pula banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara mengadopsi anak di panti asuhan.

Hal seperti ini kerap kali dilakukan oleh mereka para pasangan yang sebelumnya belum dikaruniai anak. Sehingga memutuskan untuk mengadopsi anak yang ada di panti asuhan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Adopsi Anak Tanpa Pengadilan

Sebetulnya ketika mengoreksi anak dari panti asuhan harus melalui tahap pengadilan terlebih dahulu. Itulah mengapa terdapat beberapa syarat untuk mengadopsinya, dalam mengadopsi anak secara legal telah diputuskan pada menteri Sosial republik Indonesia nomor 41/HUK/Kep/VII tahun 1984, yakni:

  • Persyaratan pertama pasangan harus memiliki status menikah dengan usia minimal 25 tahun dan maksimal 45 tahun.
  • Pasangan yang akan mengadopsi anak tersebut sudah menikah sekitar 5 tahun ketika melakukan pengajuan.
  • Harus punya kondisi keuangan serta sosial yang mapan dengan menyerahkan beberapa surat keterangan yang berasal dari negara.
  • Setelah mendapatkan persetujuan secara tertulis dari pemerintah, ini berlaku untuk pasangan yang bukan dari warga negara Indonesia.
  • Surat keterangan kelakuan baik yang kepolisian keluarkan. Kemudian menyiapkan Pulau surat keterangan dokter yang menyatakan jika pasangan tersebut sehat secara jasmani ataupun rohaninya.

Biaya Adopsi Anak 2021

Ketika ingin mengadopsi anak di Panti Asuhan apakah terdapat biaya untuk mengadopsinya? Sebetulnya proses adopsi anak jika lakukan dengan jalur yang resmi maka tidak memerlukan adanya biaya. Akan tetapi, proses yang harus kita lakukan pun juga cukup panjang karena biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 2 tahunan.

Namun, panjangnya proses tersebut tentu status legal dapat kita dapatkan yang pastinya dapat menjamin keamanan keluarga yang mengadopsi serta anak yang akan kita adopsi tersebut.

Bagaimana dengan biaya adopsi anak? Proses adopsi anak melalui jalur yang resmi tidak memerlukan biaya, namun seluruh prosesnya cukup panjang hingga kurang lebih dua tahun. Akan tetapi, status legal yang ada tentu akan menjamin keamanan anak maupun keluarga.

Panti Asuhan Adopsi Bayi

Cara mengadopsi anak di panti asuhan juga harus melihat tempatnya, apakah panti asuhan tersebut telah sah menurut hukum. Misalnya saja Panti Asuhan ataupun yayasan yang terdaftar pada departemen sosial.

Karena menurut dokter anak Indonesia terdapat beberapa yayasan resmi yang sebetulnya telah pemerintah tunjuk dalam proses adopsi. Hal seperti ini akan menghindari kemungkinan keluarga yang ingin mengadopsi anak dengan jalur yang tidak sah.

Adopsi Anak Secara Kekeluargaan

Dalam mengadopsi anak di panti asuhan memang sepatutnya kita lakukan secara kekeluargaan, sehingga tidak akan menimbulkan adanya kesenjangan ataupun kesalahpahaman di antara keluarga yang mengadopsi dan juga pihak pengurus panti asuhan. Tapi meskipun kita lakukan secara kekeluargaan, proses adopsi anak juga harus anda lalui secara resmi melalui pengadilan. Sebab hal itu telah ada peraturannya pada undang-undang yang berlaku di negara republik Indonesia.

Demikianlah sekilas info yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai cara mengadopsi anak di panti asuhan. Jika ingin mengadopsi, pastikan memenuhi persyaratan seperti di atas ataupun persyaratan lainnya yang telah ada di panti asuhan. Sehingga prosesnya pun dapat berjalan dengan lancar dan anak yang akan anda adopsi juga dapat nyaman berada di dekat anda.

Kami di Lembaga Hari Anak Yatim, membuka kesempatan kepada anda yang berminat untuk adopsi anak tapi mengasuhnya di Panti asuhan. Jika anda berminat maka hubungi kami dan akan kami tunjukkan prosesnya. Semoa bermanfaat.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *