Cara Aman Donasi Via Online
|

Cara Aman Donasi Via Online agar Bantuan Tersalurkan dengan Baik

Bagaimana sih cara aman donasi via online? Sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk melakukan donasi ataupun melakukan penggalangan dana. Apalagi pada saat ini dengan banyaknya bencana di tanah air membuat kegiatan seperti ini wajib untuk dilakukan. Agar semua korban bisa terbantu.

Bukan hanya saat ada bencana alam, penggalangan dana seperti ini wajib dilakukan untuk memberikan sedekah kepada beberapa orang yang memerlukan. Contohnya seperti anak yatim piatu di Panti Asuhan, fakir miskin dan lain sebagainya.

Galang Dana Online

  • Bekerjasama dengan Influencer

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini influencer menjadi salah satu orang berpengaruh di dalam sosial media. Di mana mereka punya daya tarik buku besar agar bisa mengajak orang untuk berpartisipasi dalam acara penggalangan dana. Anda dapat melakukan kerja sama dengan beberapa orang tersebut agar bisa menyebarkan berita mengenai penggalangan dana yang sedang dilakukan.

Bekerja sama dengan orang terkenal ataupun berbakat merupakan cara paling ampuh. Jika sebagian besar para penggemar sang influencer juga sering kali mengikuti kegiatan apa pun yang dilakukan oleh sang idola. Maka dari itu, dengan menggandeng orang terkenal ini secara otomatis mampu meningkatkan awareness orang-orang terhadap acara donasi atau galang dana online.

  • Melakukan Kerjasama Dengan Beberapa Komunitas

Cara aman donasi via online lainnya adalah dengan membuat suatu acara tapi melakukan kerja sama dengan beberapa komunitas. Entah itu karang taruna, PMI ataupun beberapa organisasi kampus. Yang mana langkah seperti ini sangat cocok dilakukan karena proses dari penggalangan dana bisa berjalan lancar dan cepat.

Bahkan proses dari pengumpulan uang pun bisa jauh lebih mudah dilaksanakan. Target dari jumlah penggalangan dana bisa sesuai. Karena memang biasanya suatu organisasi ataupun komunitas sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Sehingga orang di sekitar pun percaya untuk segera melakukan donasi tersebut.

Donasi Online

Siapa yang menyangka jika donasi online merupakan salah satu langkah yang paling gampang dilakukan jika memang tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat donasi langsung. Beberapa organisasi tidak hanya melakukan galang dana yang turun langsung ke jalan tapi juga akan menyebarkannya melalui media sosial ataupun website. Nah, apa sih kok keutamaannya melakukan donasi? Berikut merupakan ulasan lebih lengkapnya:

  • Dijamin Pahala Akan Terus Mengalir

Donasi yang diperuntukkan bagi orang-orang membutuhkan merupakan suatu kegiatan amal yang terpuji. Sehingga di dalam agama Islam sendiri Allah SWT telah memberikan janji kepada setiap umatnya jika bisa melakukan kebaikan ini mendapatkan pahala yang terus mengalir.

Mengapa demikian? Sebab melakukan sedekah dengan donasi online ini masuk ke dalam amal jariyah. Dimana amal jariyah ini bisa menjadi tabungan ketika di akhirat kelak. Meskipun seseorang sudah meninggal dunia maka pahala masih saja mengalir.

  • Membuat Harta Menjadi Lebih Berkah

Membantu orang lain tidak akan membuat harta yang kita miliki semakin berkurang. Malah sebaliknya, harta yang kita miliki akan semakin berkah bahkan rezeki pun selalu mengalir tanpa terputus. Inilah kenapa banyak orang sering kali memutuskan untuk mendonasikan sebagian hartanya kepada fakir miskin ataupun anak yatim piatu.

Karena hal ini jika sudah diterangkan oleh Allah dalam al-quran surat Saba ayat 39. Jika sedekah itu merupakan sebaik-baiknya pemberi rezeki. Maka bisa dipastikan jika rezeki bisa datang dari manapun dan kapanpun.

  • Bisa Menjauhkan Dari Api Neraka

Sedekah yang diberikan secara ikhlas tanpa adanya niatan untuk pamer kepada sesama maka akan dijamin terhindar dari api neraka. Rasulullah sendiri telah bersabda apabila sedekah dengan jumlah seberapa pun itu mampu menjauhkan seseorang dari api neraka. Bila semakin banyak sedekah yang sudah dilakukan tentu akan semakin jauh pula jarak menuju pintu neraka.

Pada waktu yang sama pula, Allah sendiri juga sudah menjanjikan akan terdapat pintu surga khusus kepada umat muslim yang sangat gemar melakukan sedekah. Apakah di dalam salah satu hadis shohih, orang yang gemar bersedekah akan masuk golongan orang-orang jihad fisabilillah.

  • Mampu Menyejukkan Hati

Memberi bantuan kepada orang lain juga menjadi salah satu sarana agar hidup bisa menjadi lebih bahagia. Karena nabi Muhammad SAW sendiri juga mengibaratkan jika orang yang suka bersedekah menjadi orang yang mengenakan baju besi kemudian memiliki ukuran lapang sebanyak nyaman ketika digunakan.

Hal itu akan jauh berbeda dengan orang yang pelit. Besi yang digunakannya begitu sesak bahkan sampai-sampai lingkar dari baju tersebut melekat pada permukaan kulit.

  • Sedekah Untuk Menutup Aib

Hikmah lain yang bisa diperoleh saat melakukan sedekah, Allah nantinya akan menutupi aib seseorang yang memberikan sedekah tersebut. Imam Syafi’i juga pernah mengatakan jika memberikan bantuan atau bersedekah merupakan cara yang paling ampuh dalam menutupi aib. Karena alasannya tidak akan ada celaan Bagi siapapun yang sedang melakukan sedekah.

Donasi Panti Asuhan Secara Online

Terdapat beberapa cara aman donasi via online, yang sangat patut untuk diperhatikan bagi siapapun. Agar nantinya apakah yang sudah dikirimkan tersebut digunakan sebaik mungkin. Inilah tips yang bisa digunakan:

  • Perhatikan Rekening Penghimpun Donasi

Perhatikan untuk mengecek terlebih dahulu siapa nama dari pemilik rekening yang menjadi penghimpun donasi. Rekening atas nama pribadi atau nama dari lembaga. Karena pada saat ini banyak sekali kasus di mana rekening yang digunakan untuk menghimpun seluruh dana donasi atas nama pribadi.

Di mana hal itu yang akan menjadi suatu polemik sebab tidak ada transparansi apakah dana tersebut sudah disalurkan atau belum. Dan apakah seluruh dana yang terkumpul itu betul-betul diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Bukan hanya itu saja, disarankan untuk tidak mengirimkan uang melalui via transfer ke pada suatu layanan penyalur sumbangan yang masih belum terkenal. Itulah mengapa penting memilih suatu layanan yang masyarakat luas pun sudah mengenalnya.

  • Waspadai Email Ajakan Donasi Online

Biasanya memang ada saja suatu email yang mengatasnamakan sebuah organisasi tengah menggalang dana bagi para korban bencana alam ataupun beberapa pihak yang membutuhkan bantuan. Hal seperti ini memang sangat pantas untuk dicurigai lalu cek pula keaslian dari organisasi itu.

Apabila email yang dikirimkan oleh mereka memiliki hyperlink pada bagian isinya maka sebisa mungkin jangan pernah klik hyperlink tersebut. Karena hal itu akan mengarahkan Anda menuju ke suatu website donasi online agar bisa memberikan donasi. Jika memang itu asli maka tidak masalah tapi ketika itu merupakan website palsu maka data-data yang anda miliki pun bisa tercuri. Dan inilah yang mengakibatkan banyak sekali korban terkecoh.

Jumlah Donasi Untuk Panti Asuhan

Masalah jumlah donasi yang harus diberikan juga akan tergantung dari kemampuan anda ingin memberikan berapa. Namun yang pasti selalu menyiapkan ikhlas untuk menolong dan tidak ada niatan lain selain memperoleh berkah dari Allah SWT.

Itulah sekilas tentang bagaimana cara aman donasi via online. Pastikan pula Anda Tidak sembarangan memilih suatu layanan penyalur dana donasi. Agar nantinya semua uang yang sudah dikumpulkan tersebut bisa tersalurkan sesuai tujuan.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *