Keutamaan Memberi Makan Anak Yatim
|

Bantu Kebutuhan Makan Untuk Anak Yatim Dhuafa

Bantu Kebutuhan Makan Untuk Anak Yatim Dhuafa. Semua umat Islam pasti tahu bahwa menyantuni anak yatim adalah salah satu ajaran Rosululloh SAW dan sangat disukai oleh Allah. Anak yatim secara bahasa adalah keadaan seorang anak yang ditinggal mati oleh Ayahnya di usia yang masih kecil atau belum baligh. Sehingga jika anak tersebut sudah baligh maka bukan termasuk anak yatim lagi. Allah sangat mengistimewakan keberadaan anak yatim di dunia ini, bahkan siapa saja yang menghardik atau tidak mengurusi anak yatim dengan baik akan diancam oleh Allah masuk ke dalam neraka dengan siksa yang sangat pedih.

Terdapat berbagai keutamaan yang akan didapatkan seseorang yang suka menyantuni anak yatim. dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda :”Rumah terbaik di antara umat Islam adalah rumah dimana seorang yatim piatu dirawat dengan baik, dan rumah terburuk di antara umat Islam adalah rumah di mana seorang yatim piatu diperlakukan dengan buruk”. Berikut adalah beberapa keutamaan orang yang suka menyantuni anak yatim, diantaranya adalah:

  1. Dekat dengan Rasulullah SAW ketika berada di surga
  2. Dilembutkan hati nya oleh Allah dan dihilangkan dari berbagai penyakit hati
  3. Sehat jiwa dan raga
  4. Menjadi manusia yang memanusiakan manusia
  5. Memiliki banyak teman di dunia dan di akhirat
  6. Diampuni segala dosanya dan dimasukan syurga nya Allah

Bantu Kebutuhan Makan Untuk Anak Yatim Dhuafa

Agar mendapatkan berbagai keutamaan yang dijelaskan diatas, bagaimanakah cara nya untuk menyantuni anak yatim? caranya juga sangat mudah, diantaranya:

  • Memberikan kebutuhan makan untuk yatim dhuafa

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memberikan santunan kepada anak yatim dan dhuafa adalah dengan memberikan makan yang layak untuk yatim dan dhuafa. Meskipun tidak setiap hari namun hal ini sangat dianjurkan untuk dilakukan agar peduli terhadap sesama. Memberi kebutuhan makan bisa dengan memberi sembako kepada sebuah yayasan panti asuhan, dan lain sebagainya.

  • Memberikan pakaian yang layak

Pakaian layak sangat dibutuhkan oleh anak-anak yatim yang tinggal di sebuah panti asuhan. Usia anak-anak adalah usia dimana mereka sedang tumbuh kembang secara pesat. Pakaian yang layak tidak harus yang baru, namun Anda bisa mengumpulkan pakaian bekas yang masih bagus untuk disumbangkan di sebuah panti asuhan.

  • Membantu Kebutuhan Anak Yatim 

Selain makanan dan pakaian, terdapat kebutuhan lain yang dibutuhkan oleh anak yatim seperti kebutuhan pendidikan, kasih sayang, dan masih banyak lagi. intinya dalam memberikan sumbangan kepada anak yatim tidak melulu tentang materi, namun juga kebutuhan psikologisnya.

Kebutuhan Sehari Hari Panti Asuhan 

Kebutuhan sehari-hari dalam sebuah panti asuhan pasti sangatlah banyak, terkadang pemilik panti juga merasa kesulitan untuk merawat anak-anak. Jika kita masih belum bisa menjadi orang yang merawat panti asuhan, setidaknya kita menjadi donatur tetap yang berusaha untuk selalu menyenangkan anak yatim dan dhuafa. Agar donatur yang diberikan cukup untuk seluruh anak, Anda bisa mengajak orang terdekat, teman, atau siapapun untuk berdonasi bersama. Galang dana adalah salah satu cara paling tepat terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Jenis Sumbangan Untuk Panti Asuhan

Jenis sumbangan untuk panti asuhan yang disebutkan diatas memang sumbangan yang biasanya dilakukan oleh banyak orang. Ada beberapa ide kreatif yang mungkin bisa Anda lakukan agar anak-anak antusias dengan kehadiran Anda. Seperti:

  • Bingkisan Snack

Tidak harus sembako, makanan bisa juga diwujudkan dalam bentuk snack yang sudah dibungkus agar anak-anak tidak berebut. Cukup berikan beberapa snack yang disukai anak-anak sambil memberikan nya dengan cara yang baik.

  • Peralatan Sekolah

Hak mendapatkan pendidikan tentu harus didapatkan oleh anak yatim dan dhuafa. Nah, agar mereka semangat untuk belajar maka Anda bisa memberikan peralatan sekolah lengkap untuk anak-anak. Dijamin hadiah Anda akan disimpan sebaik mungkin.

  • Mainan Lucu

Anak yatim dan dhuafa pasti tidak seberuntung anak-anak normal yang selalu mendapatkan mainan baru dari orang tuanya. Oleh karenanya berikanlah mainan lucu sesuai dengan jumlah anak yang ada di panti. Meskipun mainan nya tidak besar dan mahal, namun itulah yang ditunggu anak-anak.

  • Membuat Event Khusus

Sumbangan terakhir yang pasti jarang dilakukan oleh donatur adalah membuat sebuah acara untuk anak yatim. Anda bisa membuat acara bermain bersama anak yatim, bercerita tentang nabi, dan penanaman pendidikan yang baik untuk anak.

Panti Asuhan Yang Membutuhkan Bantuan Di Bandung

Bagi Anda yang tinggal di daerah Bandung, maka bisa menghubungi kami untuk mendapatkan list panti asuhan di Bandung yang membutuhkan bantuan. Hal ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada yang berhak dan meminimalisir terjadinya salah sasaran. Berbuat baiklah dalam memberikan bantuan kepada anak yatim karena anak yatim adalah penolong kita di akhirat kelak. Donasikan bantuan anda ke Hari Anak Yatim maka akan kami salurkan kepada yang membutuhkan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *