Bakti Sosial Di Masa Pandemi
|

Bakti Sosial Di Masa Pandemi Dengan Datang Ke Panti Asuhan

Mengadakan sebuah bakti sosial di masa pandemi seperti ini apakah boleh? Sebetulnya boleh saja, tapi yang perlu kita perhatikan adalah semua orang harus mematuhi protokol kesehatan. Apalagi jika kegiatan tersebut berkunjung ke panti asuhan. Di mana semua orang yang mengadakan acara bakti sosial tersebut sebelum masuk harus periksa suhu badan, menggunakan masker, memakai hand sanitizer dan lain sebagainya.

Jika Anda dan komunitas yang Anda miliki berencana membuat bakti sosial di panti asuhan, maka harus bisa memilih beberapa kegiatan yang berlaku di sana. Agar tidak kebingungan maka berikut ini merupakan contoh-contoh yang bisa anda lakukan saat bakti sosial bersama dengan anak-anak yatim piatu:

Contoh Bakti Sosial Di Masa Pandemi

  • Membuat pengajian

Bakti sosial di masa pandemi yang dapat anda pilih adalah dengan membuat pengajian bersama anak-anak yatim piatu. Dengan melantunkan ayat-ayat suci tentu akan membuat siapapun yang mendengarnya merasa damai.

Mendekatkan diri kepada Allah SWT memang dapat kita lakukan melalui berbagai macam cara, misalnya saja dengan mengadakan sebuah pengajian bersama dengan mereka yang kurang beruntung. Karena doa yang berasal dari anak yatim piatu akan Allah SWT ijabahi.

  • Bermain Bersama Anak-Anak

Setelah memanjatkan doa dari pengajian yang telah dilakukan, maka bisa melakukan berbagai macam kegiatan seru bersama anak-anak di sana. Anda bersama komunitas yang lain bisa membuat rangkaian kegiatan menyenangkan, di mana kegiatan tersebut akan membuat anak-anak panti di sana semakin dekat dengan Anda.

Beberapa permainan yang bisa kita pilih, adalah permainan seperti halnya outbound. Di mana semua kegiatan tersebut bisa kita abadikan melalui handphone ataupun kamera. Dan bisa menjadi dokumen kenang-kenangan untuk anak-anak yatim piatu di Panti Asuhan tersebut.

Baca Juga : Pemberdayaan Anak Panti Asuhan BIsa lewat Cara Berikut ini

  • Berbagi ilmu dari materi penting

Kegiatan lain dari bakti sosial ini bisa berbagi ilmu dari materi penting. Anda bisa membagikan ilmu tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikan pada masing-masing anggota komunitas. Dengan masa pandemi covid 19 seperti ini, menerapkan kebersihan adalah hal yang paling penting. Jika memang Anda merupakan mahasiswa kedokteran maka bisa menjelaskan hal-hal tersebut kepada mereka.

Apa bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan dengan membuat berbagai macam karya seni. Contohnya saja membuat aksesoris yang mana aksesoris tersebut bisa kita jual. Dengan begitu panti asuhan pun memiliki pemasukan dana untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kebutuhan Panti Asuhan Saat Pandemi

  • Sayur dan buah

Kebutuhan nutrisi dan juga vitamin untuk anak-anak wajib kita perhatikan lho. Terlebih pada masa pandemi seperti ini, sehingga sayur dan juga buah-buahan adalah menjadi makanan penting untuk anak yatim piatu di panti asuhan. Karena kedua makanan tersebut menjadi kebutuhan panti asuhan, maka Anda bisa menjadi donatur yang menyumbangkan sayur dan juga buah-buahan tersebut.

  • Paket sembako

Kebutuhan lain adalah paket sembako yang wajib dipenuhi. Ketika sembako tidak bisa terpenuhi dengan baik tentu saja masalah pangan dari anak yatim-piatu pun akan terkendala. Paket sembako sendiri sebetulnya beraneka ragam, namun yang paling umum adalah beras, mie instan, telur, minyak goreng, teh, susu, garam, gula, ikan dan juga daging.

Dengan mengetahui apa saja kebutuhan yang harus dilengkapi di dalam panti asuhan. Tentunya pada saat melakukan bakti sosial di masa pandemi ini Anda bisa menurunkan kebutuhan sembako, sayur dan juga buah-buahan. Karena nutrisi mampu terpenuhi dengan baik maka anak-anak pun tidak akan mudah sakit saat masa Corona ini.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *