Apakah Panti Asuhan Bayar
|

Apakah Panti Asuhan Bayar? Cermati Hal Berikut ini Untuk Penjelasannya

Apakah panti asuhan bayar, secara umum tidak memungut biaya. Panti asuhan menampung anak asuh yang terdiri dari anak-anak fakir miskin, yatim, piatu, serta yatim piatu. Selain itu, anak-anak terlantar yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial. Panti asuhan ini memiliki tanggung jawab memberikan pelayanan sosial kepada anak-anak terlantar.

Tentunya yang menjadi pengganti orang tua atau menyebutnya sebagai wali asuh. Sehingga akan memberikan pelayanan dan bimbingan. Baik dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental, dan sosial anak asuh. Nantinya akan memperoleh kesempatan luas, tepat, dan sesuai dengan perkembangan kepribadiannya.

Peran panti asuhan yang menggantikan sementara fungsi keluarga. Terutama dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi pada anak, baik secara fisik, mental, serta sosial. Hal itu apabila orang tua yang berkewajiban memberikan pembinaan pada anak sudah tidak ada. Selain itu, tidak diketahui adanya atau tidak melaksanakan kewajibannya.

Pendaftaran Panti Asuhan

Panti asuhan membuka pendaftaran untuk menjadi anak asuh. Sehingga nantinya akan dididik dan dibina di lembaga panti. Menerima pendaftaran tiap tahunnya, dengan waktu pendaftaran sesuaikan kenaikan kelas sekolah. Apakah panti asuhan bayar, pendaftarannya secara gratis dan tak dipungut biaya sepersen juga.

Panti asuhan membuka kesempatan bagi para donatur. Sehingga akan membantu segala kebutuhan anak asuh. Masyarakat bisa melakukan donasinya serta mengirimkan untuk rekening donasi. Hal itu dapat dilakukan kapan saja.

Contoh Persyaratan Masuk Panti Asuhan

Sebelum masuk panti asuhan membutuhkan beberapa persyaratan. Namun perlu diketahui bahwa apakah panti asuhan bayar, tentu saja tidak. Oleh karena itu, ketahui beberapa persyaratan yang diperlukan berikut ini.

  • Surat Keterangan dari Kelurahan yang menyatakan sebagai anak yatim/yatim piatu dan tidak mampu.
  • Surat Kematian ayah bagi anak yatim.
  • Surat Kematian ayah dan ibu bagi yatim piatu.
  • Surat Keterangan dokter yang mengatakan tidak cacat mental dan tubuh.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Pas Foto
  • Fotocopy KK
  • Mengisi formulir yang telah tersedia.
  • Mengikuti tes/ wawancara khususnya keluarga.
  • Sanggup mentaati peraturan dan tata tertib panti.
  • Bersedia mengikuti pendidikan di Lembaga Pendidikan formal.
  • Bersedia dibina dan dididik di asrama.

Panti Asuhan Terdekat

Panti asuhan merupakan suatu lembaga yang dibentuk oleh pemerintah atau sekelompok masyarakat. Tujuannya untuk mengasuh, merawat dan mendidik anak yang termasuk yatim, piatu, yatim piatu, anak terlantar, serta anak yang tidak diketahui identitasnya.

Apakah panti asuhan bayar, tentu saja tidak. Panti asuhan terdekat memberikan jaminan terhadap setiap donasi yang diterima. Sehingga dapat dikelola secara maksimal dan benar. Tentunya sesuai dengan harapan dan niat dari para donatur.

Batas Umur di Panti Asuhan   

Biasanya panti asuhan menerima anak dengan umur 6 tahun hingga umur 11 tahun. Mulai dari memenuhi kebutuhan makanan, pakaian, pendidikan, dan kesehatannya. Namun ada juga yang memenuhi kebutuhan anak asuh hingga mencapai 18 tahun.

Umur 18 tahun tersebut belum dewasa, maka pihak panti asuhan perlu melindungi dan bertanggung jawab terhadap anak asuhnya. Seorang anak telah dianggap dewasa saat anak berumur 21 tahun. Anak tersebut bebas untuk memilih jalan kehidupannya. Namun masih tetap diarahkan oleh pihak panti asuhan.

Apakah panti asuhan bayar, umumnya tidak memungut biaya apapun juga. Panti asuhan akan mengasuh, merawat, dan mendidik anak asuhnya. Panti asuhan berkembang menjadi berbagai inisiatif kepedulian dan aksi nyata. Hal itu untuk membantu anak-anak yatim di panti asuhan.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *