Apa Akibat Memakan Harta Anak Yatim

Apa Akibat Memakan Harta Anak Yatim?

Apa akibat memakan harta anak yatim? Hal tersebut nyatanya merupakan perbuatan yang dilarang dalam ajaran agama Islam. Pasalnya, tindakan tersebut dapat merugikan banyak orang. Karena merupakan hal yang terlarang, jadi sudah pasti kita akan mendapatkan dosa, apabila melakukannya. Bahkan bukan sekedar dosa kecil saja, melainkan dosa yang besar, serta kelak di akhirat kita akan mendapatkan ancaman yang sangat pedih.

Ya, menelan bara api neraka. Sanggupkah kita yang hanya sebatas manusia, menelan bara api yang panasnya luar biasa? Tidak ada satupun manusia juga yang menginginkan hal tersebut. Seorang anak yang ditinggalkan ayahnya, belum baligh, sudah pasti membutuhkan perhatian yang lebih. Dalam Islam, anak tersebut adalah anak yatim. Islam adalah agama yang sempurna, sehingga memberikan perlindungan kepada anak tersebut.

Barang siapapun yang mampu untuk memelihara anak yatim, maka ia akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Bahkan, kelak akan bersamanya di surga. Maa Syaa Allah, siapa yang tak ingin jadi penghuni surga Allah yang kekal? Ya, semua menginginkannya. 

Baca juga : Faktor Penyebab Anak Terlantar

Apa Akibat Memakan Harta Anak Yatim dalam Pandangan Islam?

Mungkin masih terdapat sebagian orang yang belum mengetahui, apa akibat memakan harta anak yatim. Karena, dalam kehidupan yang sekarang ini saja, kita masih mendapati orang-orang yang melakukan hal tersebut. Percaya ataupun tidak, memang demikian faktanya. Lalu apa akibatnya?

Pertama, akibat yang akan menimpa kita adalah, dosa. Memang manusia itu tidak akan luput dari dosa, akan tetapi perbuatan yang satu ini mengandung dosa yang besar. Hal tersebut, mungkin menjadi akibat yang akan kita dapatkan semasa di dunia. Sedangkan kelak di akhirat kita akan mendapatkan ganjaran yang lebih pedih dari itu. Apa? Menelan api neraka.

Sebagaimana penjelasan dalam surat An-Nisa ayat 10, sungguh mereka yang memakan harta anak yatim secara zalim, kelak akan menelan api sampai ke perutnya, dan akan masuk neraka dengan api yang menyala-nyala. Naudzubillahi mindzalik.

Apa yang Dimaksud Memakan Harta Anak Yatim?

Sesungguhnya memakan harta anak yatim itu merupakan salah satu bentuk dosa yang besar. Seorang wali yang menjaga anak yatim, hendaknya juga menjaga harta yang anak tersebut miliki. Hendaknya juga dengan penuh amanah dan tidak menyelewengkannya. Apabila wali tersebut menggunakan harta atau menyelewengkannya, maka itulah yang dinamakan, memakan harta anak yatim.

Dengan begitu, maka pelaku akan mendapatkan, dampaknya dunia dan akhirat. Maka, apa akibat memakan harta anak yatim tersebut, benar-benar akan menimpanya.

Hukum Memakai Uang Anak Yatim

Supaya kita tidak rugi dunia akhirat atas apa dampak memakan harta anak yatim, perlu Anda garis bawahi juga, memakan harta anak yatim dengan cara yang batil itu larangan keras dalam Islam. Bahkan, nantinya juga ia akan termasuk dalam pelaku dosa besar. Jadi, dengan demikian, sudah jelas bukan jika hukum memakai uang anak yatim itu adalah dosa. Sudah seharusnya tidak kita lakukan.

Akan tetapi, terdapat beberapa orang juga yang mengatakan, hendaknya itu menggunakan sewajarnya saja. Atas dasar kepentingan sebagai walinya. Oleh sebab itu juga, sebagai wali sudah seharusnya amanah betul serta bertanggung jawab atas hal tersebut. Ada baiknya juga, jika anak tersebut sudah dewasa, biarkan saja ia mengelola harta tersebut dengan baik.

Hukum Ibu yang Memakai Uang Anaknya yang Yatim

Lalu, bagaimana jika ibu atau walinya hendak menggunakan harta tersebut, apakah boleh? Tepat, perlu sekali kita mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut. Jadi, misalnya hukumnya tetap masih dosa, kita tidak mendapatkan apa akibat memakan harta anak yatim tersebut. Akan tetapi faktanya, ibu boleh menggunakannya.

Tapi jangan senang terlebih dahulu, karena terdapat dua syarat juga yang harus terpenuhi. Apa saja syaratnya? Pertama, harta tersebut tidak musnah atau memudaratkan anak. Ingat, jangan juga mengambil harta yang memang menjadi kebutuhan anak. Kedua, jangan mengambil harta, apabila tujuannya hanya ingin Anda berikan kepada yang lain.

Penjelasan Larangan Mendekati Harta Anak Yatim

Larangan mendekati harta anak yatim sudah jelas menjadi warning untuk kita. Sebagaimana penjelasan dalam surat Al-Isra ayat 34. Janganlah kalian itu mendekati harta dari anak yatim, kecuali untuk hal yang lebih baik juga tepatilah janji. Sungguh, nantinya akan ada pertanggungjawabannya.

Sudah seharusnya kita tidak melakukan hal yang tercela tersebut, apabila tidak ingin mendapatkan apa akibat memakan harta anak yatim.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *