Anak Yatim Sampai Umur Berapa

Anak Yatim Sampai Umur Berapa Wajib Kita Rawat?

Banyak sekali orang yang mempertanyakan tentang anak yatim sampai umur berapa sih wajib kita rawat? Sebetulnya proses perawatan dari anak yatim meskipun sudah memasuki usia akil baligh masih tetap harus kita berikan kasih sayang. Minimal saat mereka sudah bisa bekerja sendiri ataupun mampu mengelola hartanya sendiri.

Apalagi untuk keluarga yang sudah merawat anak yatim tersebut sedari kecil sampai dewasa, tentu tidak akan tega jika harus melepas tangan ketika memasuki umur remaja. Biasanya para orang tua asuh akan merawat anak adopsi sampai mereka betul-betul mampu hidup di dunia luar.

Perasaan Anak Yatim Piatu

Menjaga perasaan anak yatim merupakan salah satu hal yang paling kebanyakan orang perhatikan. Dalam agama Islam sendiri, membuat anak yatim merasa sakit hati, maka kehidupan pun menjadi tidak berkah. Maka dari itu, anak yatim sampai umur berapa pun masih tetap wajib diberikan santunan dan arahan agar memiliki hidup yang lebih baik.

Keistimewaan Anak Yatim

  • Menjadi ladang pahala

Keistimewaan yang dimiliki oleh anak yatim ialah menjadi ladang pahala untuk siapapun yang membantunya. Jadi ketika Anda bisa menyenangkan perasaan mereka, maka Anda pun bisa mendapatkan pahala yang melimpah.

Status Anak Yatim Jika Ibunya Menikah Lagi

Ketika seorang bapak telah meninggal dunia dengan meninggalkan anak yang masih belum baligh maka anak tersebut akan menjadi yatim. Sedangkan ketika si bapak tersebut meninggal saat anak sudah akil baligh, maka anak tidak disebut yatim.

Dari hal tersebut menjadi bukti meskipun Ibunya sudah menikah lagi dan si anak memiliki ayah tiri. Namun tetap saja anak masih berstatus sebagai anak yatim jika memang masih belum memasuki usia akil baligh.

Anak Yang Ditinggal Cerai Apakah Termasuk Anak Yatim

Apa yang ada di benak ketika memikirkan arti dari anak yatim? Jika kita terjemahkan, anak yatim piatu memang merupakan anak yang sudah tidak memiliki orang tua lagi. Namun bagaimana jika terdapat sebutan anak yatim piatu tapi masih memiliki orang tua.

Rupanya dalam konteks seperti ini untuk anak yatim piatu tetapi memiliki orangtua lengkap karena memang memiliki kehidupan yang tidak pernah mendapat kasih sayang oleh orang tuanya. Contohnya saja ketika kedua orang tua mereka bercerai, yang mana anak tersebut sudah tidak terperhatikan lagi.

Aturan Pemberian Santunan Anak Yatim

  • Melalui pengelola panti asuhan

Apabila memutuskan memberikan sumbangan kepada anak yatim di panti asuhan, maka harus melalui pengelola panti asuhan terlebih dahulu.

  • Menjaga perasaan mereka

Menjaga perasaan mereka maksudnya adalah pada saat sudah memberikan santunan, jangan pernah menyebut-nyebutnya di depan mereka ataupun di depan orang lain. Hal itu akan membuat mereka sakit hati.

Sampai Kapan Anak Yatim Berhak Mendapatkan Santunan

Karena sebutan dari anak yatim sendiri tidak berlaku untuk anak yang sudah akil baligh. Sehingga, biasanya santunan akan lebih prioritas diberikan kepada anak-anak yang masih di bawah umur. Karena biasanya untuk anak-anak yang sudah memasuki usia akil baligh, sudah bisa mengatur harta mereka sendiri. Namun, tidak ada salahnya jika Anda juga berniat untuk memberikan sumbangan kepada mereka.

Dengan penjelasan tentang anak yatim sampai umur berapa wajib kita rawat di atas, Anda pun sudah tidak perlu kebingungan lagi jika ingin memberikan santunan. Ketika anak yatim tersebut sudah masuk ke umur akil baligh, tak ada salahnya jika masih membantunya dalam segi hal pendidikan dan lain sebagainya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *